Lab. IGAS

Laboratorium Informasi Geospasial dan Analisis Sistem (Lab. IGAS) adalah laboratorium sekaligus studio untuk mengolah data-data geospasial. Salahsatu produk hasil penelitian BBSDLP adalah informasi geospasial pengolahan data spasial berupa peta tanah, peta kesesuaian lahan, peta zone agroekologi dan peta-peta lainnya. Data-data ini diolah di Lab. IGAS dengan mengkombinasikan dengan data dan informasi lainnya untuk menghasilalkan informasi geospasial tematik sesuai dinamuna kepeluan pengguna.
Operasionalisisai Lab. IGAS didukung oleh 15 profesional dari peneliti, teknisi dan tim lainnya yang diperkuat oleh alat pengolah dan pengelola data spasial yang baik dan terkini. Selain pengelolaan data, pengolahan data dan pembuatan aneka aplikasi, Lab. IGAS juga menjadi tempat yang baik dan mendukung untuk menumbuhkembangkan ide-ide kreatif dari para siswa dan mahasiswa magang dan pelatihan.
Peta-peta lainnya yang telah dihasilkan, antara lain: Peta Endemik Kekeringan Agronomis untuk Tanaman Pajale, Peta Potensi Sawah Indonesia, dan Peta Rekomendasi Pengelolaan Lahan untuk Komoditas Unggulan.