Revolusi Industri 4.0 telah memasuki sektor pertanian Agroindustri 4.0. Adanya revolusi industri ditandai dengan adanya teknologi baru yang berbasis komputerisasi. Pemetaan berbasis lahan yang dilakukan di Indonesia sekarang ini mengalami kemajuan yang cukup pesat. Pesawat tak berawak atau drone telah digunakan oleh BBSDLP sebagai alat bantu pemetaan berbasis lahan. Drone yang digunakan oleh tim BBSDLP adala drone dengan tipe DJI Inspire 1.

Menurut keterangan alatnya DJI Inspire 1 merupakan drone yang mempunya empat buah kaki yang dapat dilipat setelah drone tersebut lepas landas. Dengan begitu Anda akan dapat memaksimalkan kamera Inspire 1 tersebut untuk merekam seluruh pemandangan 360 derajat tanpa adanya halangan untuk pengambilan gambar secara menyeluruh. Kamera Inspire 1 juga dapat ditekuk hingga 125 derajat.

Sama dengan varian produk DJI Phantom 2 Vision+, Kamera yang dipasang pada bawah drone tersebut langsung terhubung dengan gimbal tiga sumbu yang dapat membantu Anda untuk merekam video lebih halus. Untuk masalah angin tidak perlu khawatir, Drone DJI Inspire 1 akan berfungsi sangat baik dengan gimbal tiga sumbu tersebut. Pastinya ini akan membuat Anda lebih bersemangat ketika melakukan pengambilan gambar.

Untuk bagian konektor, Inspire 1 menyediakan USB port dan HDMI output yang dapat dgunakan untuk menghubungkan smartphone, tablet serta layar monitor dengan Drone tersebut. Sedangkan untuk pengendalian atau controler, Inspire 1 juga dapat mempersiapkan alat tersebut untuk mengendalikan gerak kamera. Kontroler tersebut menggunakan teknologi transmitter nirkable Lightbridge yang dapat mengirimkan video 1080p ke Android atau iOS dengan jarak kurang lebih 1,7 KM jauhnya.

Penggunaan drone sebagai alat bantu pemetaan lebih efektif dan efisien dari segi watu dan biaya dibandingkan dengan citra satelit, akursai hasil juga lebih baik dari citra satelit yang hanya mengakomodasi 40 cm/pixel. Pemetaan dengan drone dapat menjangkau wilayah dengan akses terbatas, sehingga mendapatkan hasil yang lebih akurat.

Contoh foto yang diambil oleh Drone DJI Inspire 1.