Pemerintah Australia megadakan program pelatihan jangka pendek tentang Agriculture Policy – Promoting Competitiveness yang diikuti oleh peserta dari Kementerian Pertanian, Bappenas, Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi, Kementerian Perdagangan, Badan Pertanahan Nasional, Pemerintah Daerah, dan Kemeterian Perdagangan Australia di Indonesia.

Kegiatan pelatihan jangka pendek ini dilaksanakan dalam 3 tahap yaitu pre-course yang dilaksanakan di Purwakarta pada tanggal 6-8 November, di Australia 22 November 2019 – 8 Desember 2019,dan post-course diadakan di Sentul pada tanggal 3-5 Maret 2020.

Dalam acara post-course, dilakukan kunjungan ke Agriculture Intelligence Room ( AIR) Balai Besar Litbang Sumber Daya Lahan Pertanian. Kegiatan ini sebagai bentuk pembelajaran kepada peserta pelatihan jangka pendek bahwa koleksi data secara real time yang dihimpun oleh Badan Litbang Pertanian dijadikan sebagai dasar dalam penyusunan kebijakan untuk meningkatkan kompetisi di bidang pertanian.

Peserta disambut oleh Kepala Balai Besar Litbang Sumberdaya Lahan Pertanian Dr. Husnain, SP, MSc,. Dalam kesempatan tersebut Dr. Husanin membuka kesempatan bagi para peserta untuk memanfaatkan secara optimal sumber daya yang dimiliki oleh BBSDLP untuk meningkatkan kapasitas daya saing produk.

Acara dilanjutkan dengan sesi paparan capaian teknologi BBSDLP oleh Dr. Yiyi Sulaeman selaku Kepala Bidang Kerjasama dan Pendayagunaan Hasil Penelitian. Dalam penjelasannya, Dr. Yiyi menyampikan beberapa peta sumberdaya lahan yang dapat digunakan oleh stakeholder untuk mendukung perkembangan pertanian yang nantinya mendukung produksi dan daya saing produk pertanian.

Penjelasan selanjutnya adalah teknis operasional AIR oleh Saefoel  Bachri, S. Kom, M.MSI., yang memaparkan  tampilan AIR  dan cara membaca tampilan tersebut serta memberikan beberapa contoh kabupaten yaitu Kabupaten Fak Fak di Papua dan Kabupaten Gunung Mas di Kalimantan Tengah. Peserta pelatihan dari kedua lokasi tersebut mengkonfirmasi bahwa informasi yang ditampilkan di AIR benar dan sesuai dengan kondisi di daerah mereka (AH/WDA/LQ).