Pengamatan fase padi di Kecamatan Tarogong

 

 Tim peneliti gabungan dari Balai Besar Sumberdaya Lahan Pertanian (BBSDLP) dan Balai Besar Padi (BB Padi) melakukan kegiatan verifikasi lapangan model standing crop citra radar Sentinel-1 di Kabupaten Garut. Kegiatan ini merupakan kerjasama dalam rangka dukungan terhadap pemanfaatan teknologi penginderaan jauh dalam bidang pertanian khususnya untuk pemantauan fase tumbuhan padi. Kegiatan dilakukan selama tiga hari mulai tanggal 17 hingga 19 Maret 2020 pada lima kecamatan, yaitu Kecamatan Leles, Banyuresmi, Tarogong, Cilawu, dan Garut.

 

 Sebelumnya, tim peneliti BBSDLP dan BB Padi juga melakukan koordinasi dengan Dinas Tanaman Pangan Kabupaten Garut. Kepala Dinas Tanaman Pangan Kabupaten Garut menyampaikan besar harapannya agar pemantauan fase pertumbuhan tanaman padi secara daring berbasis Web GIS menggunakan data citra radar Sentinel-1 dapat segera diimplementasikan, mengingat saat ini teknologi penginderaan jauh sudah sangat membantu dalam penyediaan informasi pertanian secara cepat dan akurat.


Kegiatan verifikasi lapang meliputi plotting GPS beserta informasi fase padi pada lokasi tersebut, serta pengambilan dokumentasi 5 arah berdasarkan titik pengamatan. Khusus untuk lahan sawah yang telah memasuki fase generatif 2 atau akhir, juga dilakukan pengambilan contoh ubinan, pencatatan berat gabah kering panen, serta pengukuran biomass pada tanaman padi. Data yang diperoleh kemudian akan diolah untuk meningkatkan akurasi model standing crop Citra Sentinel-1 dan pembuatan model produksi padi dengan basis teknologi penginderaan jauh. (GIN)