Bogor, 24 Juni 2020. Badan Litbang Pertanian melalui Balai Besar Litbang Sumberdaya Lahan (BBSDLP) melaksanakan Webinar Bimbingan Teknis Pertanian di Lahan Pekarangan pada pukul 10.00-12.00 via Zoom dan live steraming Facebook serta Youtube. Webinar ini dimoderatori oleh Kasi Kerjasama BBSDLP, Saefoel Bachri, S.Kom, MMSI.

Anjuran pemerintah untuk bekerja, belajar, dan beribadah di rumah di tengah pandemi Covid-19 idealnya dimanfaatkan masyarakat untuk bertani di pekarangan. Dengan bertani di halaman rumah kualitas hidup meningkat sekaligus pasokan pangan dapat dipenuhi sendiri. 

"Bila semua memanfaatkan sejengkal tanahnya, krisis pangan dapat dihindari dari rumah tangga," kata Kepala BBSDLP, Dr. Husnain, saat pembukaan webinar Bimbingan Teknis Pertanian di Lahan Pekarangan.

Kepala Badan Litbang Pertanian, Dr. Fadjry Djufry dalam kesempatan lain mengungkapkan bahwa potensi lahan pekarangan untuk ketahanan pangan keluarga perlu dibangkitkan, tidak hanya di masa pandemi karena sudah ada modelnya dari Kementerian Pertanian.

Menurut Husnain, pekarangan dapat dimanfaatkan untuk pertanian dengan teknologi yang paling sederhana, hidroponik, hingga smart technology seperti pemanfaatan energi surya. Bimbingan teknis itu mendapat respon baik dari masyarakat dengan indikator pendaftar yang membludak sebanyak 3 ribu orang. Mereka berasal dari instansi pemerintah, swasta, mahasiswa, bahkan anak sekolah.

Materi yang disampaikan oleh 3 narasumber, yaitu: (1) Pemanfaatan Pekarangan untuk Budidaya Sayuran dengan Hidroponik (Tri Nandar W, S.Si., M.Si); (2) Pemanfaatan Pekarangan untuk Budidaya Lele dengan Sistem Bioflok (Koko Kusuma S.); dan (3) Smart Irrigation 4.0 (Dr. Yiyi Sulaeman, SP., M.Sc).

 

Berikut video Webinar Bimbingan Teknis Pertanian di Lahan Pekarangan:

Copyright © 2017 Balai Besar Sumberdaya Lahan Pertanian. All Rights Reserved.
Jl. Tentara Pelajar No. 12, Kampus Penelitian Pertanian Cimanggu - Bogor 16114
Telpon: 0251-8323011, 8323012 Fax: 0251-8311256 Email: sekretariatbbsdlp@yahoo.com atau bbsdlp@litbang.pertanian.go.id