Bogor, 29 Juni 2020. Indonesia menempati posisi sebagai chair pada organisasi internasional Global Reseach Alliance (GRA), sejak Oktober 2019 di Bali, pada gelaran GRA Conference yang berlangsung 6-7 Oktober 2020. Posisi chairman saat ini ada adalah Kepala Badan Litbang Pertanian, Dr. Fadjry Djufry. Terkait dengan posisi tersebut, Indonesia berencana melakukan hand over meeting yang direncanakan pada bulan Maret 2021.

Sekretaris Badan Litbang Pertanian, Dr. Haris Syahbuddin, DEA mengungkakan pentingnya peran Indonesia, khususnya Kementerian Pertanian dalam posisi tersebut. GRA adalah sebuah organisasi yang mengurusi himpunan profesi saintifik dari berbagai negara di seluruh dunia.

“Kegiatan ini memiliki tantangan sendiri, dan Badan Litbang memiliki posisi strategis untuk mengambil peran dalam kegiatan ini,”  tandas Haris.

Organisasi GRA yang diresmikan pada Desember 2009, saat ini memiliki keanggotaan profesi dari 62 negara. GRA  juga bermitra dengan organisasi internasional dan regional utama yang bertanggung jawab untuk penyebaran pengetahuan kepada para pembuat kebijakan, komunitas sains dan para pemimpin pertanian.

Kegiatan GRA memiliki empat kelompok riset yakni peternakan (livestock), padi Sawah (pady rice), cropland, dan kelompok Integratif.

ACIAR Country Manager merencakan proses peralihan GRA Chair dari Indonesia ke Australia yang akan dilaksanakan pada Maret 2021. Disepakati oleh forum bahwa untuk pelaksanaan peralihan agar dilaksanakan secara virtual dengan mempertimbangkan travel band pada masa pandemic yang mungkin masih diterapkan pada Maret 2021.

Melalui Badan Litbang Pertanian sebagai Chair, Indonesia akan lebih aktif dalam mengisi kegiatan GRA. Terkait hal tersebut akan disiapkan proposal kegiatan untuk mendukung kegiatan GRA mengakomodir pelaksanaan koordinasi dan kegiatan pendampingan atas usulan proposal yang sudah diusulkan ke Belanda. Dari 3 topik  yang diusulkan, Belanda telah menyetujui 1 topik yakni integrated cropping di 1 lokasi.

Selain itu Indonesia akan menyiapkan materi terkait kegiatan GRA yang akan ditayangkan pada website GRA (https://globalresearchalliance.org/)

Hadir pada pertemuan yaitu Kepala Balittanah, Dr. Ladiyani Retno,  Prof. Fahmuddin Agus, Dr. IGM Subiksa, Kepala Bidang KSPHP dan Kasie Kerjasama BBSDLP, Dr. Bess Tiesnamurti, Dr. Sumaryanto (PSEKP), Dr. Setiari M., M. Ikhsan Asshidiqi (Puslitbangnak) dan hadir secara online Kepala Balingtan dan 4 orang peneliti, Dr. Bariot Hafif dan Dr. Joko Pitono. (SB, Juni/2020)

Copyright © 2017 Balai Besar Sumberdaya Lahan Pertanian. All Rights Reserved.
Jl. Tentara Pelajar No. 12, Kampus Penelitian Pertanian Cimanggu - Bogor 16114
Telpon: 0251-8323011, 8323012 Fax: 0251-8311256 Email: sekretariatbbsdlp@yahoo.com atau bbsdlp@litbang.pertanian.go.id