Kostratani adalah sentra kegiatan pembangunan pertanian tingkat kecamatan dalam rangka optimalisasi tugas dan fungsi Balai Penyuluhan Pertanian (BPP) dalam mewujudkan Kedaulatan Pangan Nasional.Melalui Kostratani diharapkan terpenuhinya sarana, prasarana, inovasi teknologi dan kelembagaan, kapasitas SDM Pertanian di tingkat kecamatan berbasis teknologi informasi.

Berkaitan dengan hal tersebut, Balai Besar Penelitian dan Pengembangan Sumberdaya Lahan pertanian ( BBSDLP) yang diwakili oleh Kepala Seksi Kerjasama (Saefoel Bachrie, S.Kom, M. SI) dan Kepala Keksi Pendayagunaan Hasil Penelitian (Drs. Widhya Adhy) melaksanakan sosialisasi dan koordinasi dengan Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura, dan Perkebunan Kabupaten Bogor dalam rangka melakukan kegiatan pendampingan BPP Cibinong dan BPP Parungpanjang (10/08/2020). Kepala Bidang Penyuluhan (Ir. A. Yeni Hartati) menyambut baik rencana BBSDLP dan berharap pendampingan dapat meningkatkan performa kedua BPP tersebut.

Selanjutnya, BBSDLP melakukan sosialisasi dan koordinasi di BPP Cibinong dan BPP Parung Panjang. Di BPP Cibinong,  BBSDLP melakukan demo terkait pengisian data untuk Kostratani yang diikuti oleh koordinator penyuluh, kepala UPT, dan tenaga administrasi, namun tidak diikuti oleh seluruh penyuluh karena semuanya sedang bertugas di lapangan. Menurut Koordinator Penyuluh Wilayah IX (Towapa Ridwannihardja, SST) dan Kepala Unit Pelaksana Teknis (Teguh Purwanto, SP) sampai saat ini di BPP Cibinong belum ada petugas khusus (admin) yang bertugas melakukan entry data yang diperlukan dalam Kostratani.

Pada kegiatan sosialisasi dan koordinasi di BPP Parungpanjang, BBSDLP diterima oleh Koordinator Penyuluh Wilayah IX (Pandu Mulya Dwi Nanto, SST). Pada saat kunjungan tersebut, BBSDLP melakukan demo terkait pengisian data untuk Kostratani yang diikuti oleh koordinator penyuluh dan seluruh penyuluh. Kendala yang ditemui di wilayah kerja BPP Parungpanjang adalah jaringan internet yang sangat lemah sehingga menyulitkan dalam koneksi. (WDA/AH/LQ)

     
 

Copyright © 2017 Balai Besar Sumberdaya Lahan Pertanian. All Rights Reserved.
Jl. Tentara Pelajar No. 12, Kampus Penelitian Pertanian Cimanggu - Bogor 16114
Telpon: 0251-8323011, 8323012 Fax: 0251-8311256 Email: sekretariatbbsdlp@yahoo.com atau bbsdlp@litbang.pertanian.go.id