Balai Besar Penelitian dan Pengembangan Sumberdaya Lahan Pertanian (BBSDLP)-Balitbangtan sebagai Balai Penelitian yang berkapasitas dan berkepentingan besar  untuk pengelolaan sumber daya lahan pertanian, berinisiatif untuk menyusun Profil Pertanian Cerdas Iklim – Indonesia. Kegiatan ini dikerjasamakan dengan Allianz Bioversity CIAT (ABC), sebuah lembaga penelitian pertanian international yang  bekerja untuk meningkatkan pertanian untuk negara-negara di Asia termasuk Indonesia.

Bertempat di Badan Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP) Jawa Timur, dilaksananakan workshop Profil Pertanian Cerdas Iklim ( Climate Smart Agriculture /CSA) pada 21 – 24 September 2020. Peserta workshop terdiri dari 46 orang yang dibagi menjadi 2 topik bahasan yakni Farming System (Sistem Usaha Tani) dan Value Chain Analysis (Analisis Rantai Nilai).

Dalam kesempatan pembukaannya Kepala Balai Pengkajian Teknologi Pertanian, Dr. Catur Hermanto mengatakan bahwa pada dasarnya kegiatan tersebut bertujuan merekam dan memotret aktifitas pertanian yang dilakukan oleh para petani yang berkenaan dengan penerapan pertanian cerdas iklim.

“Petani menjadi bagian yang sangat penting dalam kegiatan ini, karenanya informasi yang disampaikan petani hendaknya dapat direkam dengan baik. Selain itu peran para pelaku usaha, pemroses produk pertanian, pedagang saprotan, lembaga keuangan juga sangat penting dalam penerapan CSA,” ungkap Catur.

Gagasan menyusun Profil CSA di Indonesis adalah memberikan gambaran singkat dan menyeluruh tentang status kegiatan CSA dan lingkungannya di negara tertentu.

Profil CSA juga menggambarkan konteks pertanian dan tantangannya di setiap negara. Juga memberikan gambaran tentang masalah utama, tantangan, kendala, peluang, dan faktor pendukung untuk meningkatkan adopsi praktik pertanian cerdas iklim di sepanjang rantai nilai tertentu.

Proses pengumpulan informasi dalam kontex nasional sudah dilaksanakan melalui studi literature dan sumber-sumber terpercaya seperti statistic serta wawancara dan diskusi dengan  nara sumber terkait (dan sekarang dalam tahap penulisan laporan). Kegiatan di tingkat provinsi akan dilaksanakan dengan / untuk provinsi Jawa Timur, NTT dan Sumatera Utara.  Pada hari yang baik ini kita berada di kantor BPTP Jawa Timur akan melakukan lokakarya Profil Pertanian Cerdas Iklim tingkat provinsi yang pertama yakni Jawa Timur. Lokakarya tingkat provinsi ini (seperti sudah saya sebutkan) akan terdiri dari dua lokakarya; (1) Lokakarya sistim pertanian utama provinsi Jawa Timur (dijadwalkan 21-22 september, mulai hari ini); (2) Lokakarya Analisa Rantai Nilai (yang mengangkut komoditas utama Jawa Timur), dijadwalkan tanggal 23-24.

“Konsep CSA mencerminkan keinginan kita untuk meningkatkan integrasi pembangunan pertanian dan ketanggapan iklim. Ini bertujuan untuk mencapai ketahanan pangan dan tujuan pembangunan yang lebih luas di bawah iklim yang berubah dan permintaan pangan yang meningkat.” Ujar Saefoel Bachrie, selaku Kepala Seksi Kerjasama, BBSDLP.

Inisiatif CSA secara berkelanjutan meningkatkan produktivitas, meningkatkan ketahanan, dan mengurangi / menghilangkan gas rumah kaca (GRK), diperlukan perencanaan untuk mengatasi trade=off  (situasi dimana kita harus mengambil keputusan) dan sinergi antara tiga pilar ini: produktivitas, adaptasi, dan mitigasi [FAO, 2012].

Prioritas berbagai negara dan pemangku kepentingan dicerminkan untuk mencapai sistem pangan yang lebih efisien, efektif, dan adil yang mengatasi tantangan lingkungan, sosial, dan ekonomi di seluruh lanskap produktif.

Sebagai tujuan menyeluruh, Profil CSA Indonesia (CP) diharapkan dapat memajukan CSA dalam agenda publik, meningkatkan kesadaran akan pentingnya mendanai investasi yang secara bersamaan mendorong produktivitas, adaptasi, dan mitigasi. Karenanya, CP menyoroti kemungkinan langkah pertama bagi pemerintah Indonesia untuk bergerak menuju investasi yang lebih luas di CSA. Oleh karena itu, CP CSA meletakkan dasar untuk prioritas intervensi dan proses perencanaan untuk meningkatkan CSA. Berdasarkan permintaan dan kebutuhan, penentuan prioritas dan proses. (SB/LQ)

Copyright © 2017 Balai Besar Sumberdaya Lahan Pertanian. All Rights Reserved.
Jl. Tentara Pelajar No. 12, Kampus Penelitian Pertanian Cimanggu - Bogor 16114
Telpon: 0251-8323011, 8323012 Fax: 0251-8311256 Email: sekretariatbbsdlp@yahoo.com atau bbsdlp@litbang.pertanian.go.id