Kalteng- Balitbangtan, melalui Balai Besar Penelitian dan Pengembangan Sumberdaya Lahan Pertanian (BBSDLP), menyelenggarakan Bimbingan Teknis (Bimtek) Food Estate yang berlokasi di Desa Belanti Siam, Kabupaten Pulang Pisau, Kalteng (11/10/2020). Bimtek yang dihadiri oleh 100 petani yang berasal dari 12 kelompok tani dari Kecamatan Pandi Mulih tersebut dibuka secara resmi oleh Dr. Asmarhansyah, selaku Kepala Bidang Kerjasama dan Pendayagunaan Hasil Penelitian.
Bimtek diawali dengan paparan materi mengenai Tipologi dan Karakteristik Lahan Rawa Pasang Surut, yang disampaikan oleh Dr. I Gusti Made Subiksa dari Balai Penelitian Tanah. Dalam paparanya, Subiksa menjelaskan mengenai tipologi dan karakteristik lahan rawa pasang surut, kriteria, klasifikasi, kedalaman pirit, dampak oksidasi pirit, teknik pengelola tanah dan air, pemilihan benih, serta teknik pemupukan untuk lahan rawa.
 
Materi kedua disampaikan oleh Dr. Etty Pratiwi, peneliti dari Balai Penelitian Tanah. Materi yang dipaparkan adalah Pemanfaaan Seed Treatment Agrimeth di lahan rawa. Agrimeth merupakan pupuk hayati yang berisi mikroba tanah, yang berfungsi meningkatkan serapan hara bagi tanaman. Pupuk hayati sangat diperlukan karena dalam pupuk hayati terdapat mikroba yang mampu menambat nitrogen (N ), melarutkan fosfor (P) dan kalium (K) serta fitohormon yang tidak dimiliki oleh pupuk anorganik. Lebih lanjut, Pratiwi juga menjelaskan secara rinci cara pengaplikasian Agrimeth pada benih padi.
 
Para petani yang mengikuti bimtek ini sangat antusias. Hal ini ditunjukkan dengan banyaknya peserta yang mengajukan pertanyaan dan berkonsultasi kepada narasumber. "Kami berharap kegiatan seperti ini dapat dilaksanakan secara berkelanjutan, sehingga kami bisa lebih paham dengan apa saja yang harus dilakukan dengan lahan kami, dan membuat hasil panel kami jadi lebih baik" ungkap Kartoyo, salah satu anggota dari kelompok tani Sri Makmur.
 
"Melalui Bimtek ini, diharapkan petani dapat memahami tipologi dan karakteristik lahan rawa, yang meliputi tipologi lahan, luapan, kedalaman pirit, kualitas air, dan teknik pengelolaan lahan dan air, dan penggunaan Seed Treatment Agrimeth." ujar Asmarhansyah.( LQ/AH)
 

Copyright © 2017 Balai Besar Sumberdaya Lahan Pertanian. All Rights Reserved.
Jl. Tentara Pelajar No. 12, Kampus Penelitian Pertanian Cimanggu - Bogor 16114
Telpon: 0251-8323011, 8323012 Fax: 0251-8311256 Email: sekretariatbbsdlp@yahoo.com atau bbsdlp@litbang.pertanian.go.id