Balai Besar Litbang Sumberdaya Lahan Pertanian (BBSDLP) Balitbangtan lakukan soft launching Sistem Informasi Standing Crop (SISCrop) 1.0 (7/12) . Aacara ini merupakan rangkaian kegiatan untuk menyambut World Soil Day tau Hari Tanah Sedunia yang di selenggakan mulai tanggal 3-8 Desember 2020. Peringatan Hari Tanah Sedunia tahun ini mengusung tema, “Keep soil alive, protect soil biodiversity”.

Soft launching ini dilakukan oleh Kepala Badan Litbang Pertanian, Dr. Fajdry Djufry, M.Si; Kepala BBSDLP, Dr. Husnain, M.Sc;  Kepala Puslitbang Tanaman Pangan, Dr. Priatna Sasmita, M.Si; Puslitbang Peternakan, Dr. drh. Agus Susanto, M.Si.

SISCrop merupakan sistem informasi yang dapat memberikan informasi  tentang kondisi faktual tanaman padi dan tanaman lainnya di lapang. Dalam pengembangan model Standing Crop ini berbasis penginderaan jauh ini Kementerian Pertanian bekerjasama dengan LAPAN dan Kementerian Lembaga dan Perguruan Tinggi terkait lainnya.

 “Semoga launching ini mampu memberikan informasi dan rekomendasi yang dapat memperkuat kemampuan di Sektor Pertanian Indonesia.” Ujar Fajdry dalam sambutannya.

Dalam perayaan WSD ini telah dilaksanakan beberapa acara, yaitu online Soil Judging Constest yang diikuti dari oleh 40 tim dari 20 perguruan tinggi, Bimbingan Teknis yang diikuti oleh 849 peserta, Kampanye Green Agriculture: Composting for Urban Farming, Lomba esay, vlog dan baca puisi, dan Dialog Perayaan Hari Tanah Sedunia 2020, berupa Talk Show. Dalam kondisi Covid-19 ini acara diselenggarakan secara tatap muka terbatas dan virtual. (LQ)

 

Copyright © 2017 Balai Besar Sumberdaya Lahan Pertanian. All Rights Reserved.
Jl. Tentara Pelajar No. 12, Kampus Penelitian Pertanian Cimanggu - Bogor 16114
Telpon: 0251-8323011, 8323012 Fax: 0251-8311256 Email: sekretariatbbsdlp@yahoo.com atau bbsdlp@litbang.pertanian.go.id