Jakarta - Badan Litbang Pertanian terpilih sebagai penerima Eka Indriya Mandrawa kategori Kementerian/Lembaga tahun 2021. Penghargaan diberikan kepada Balitbangtan sebagai pengguna aktif yang menggunakan data dan informasi satelit penginderaan jauh (Inderaja). Penghargaan disampaikan LAPAN saat pelaksanaan Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Citra Satelit Penginderaan Jauh Tahun 2021 (27/01).

Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Citra Satelit Penginderaan Jauh Tahun 2021 yang diselenggarakan secara virtual tersebut mengusung tema “Inovasi pemanfaatan teknologi satelit penginderaan jauh untuk perencanaan kota, pemantauan hutan dan kebencanaan”.

Rakornas Inderaja Tahun 2021 bertujuan untuk melaksanakan serah terima data satelit inderaja terbaru tahun 2020, memberikan apresiansi Indriya Mandrawa kepada Kementerian/Lembaga/Pemerintah Daerah yang aktif memanfaatkan data dan informasi Inderaja tahun 2020, serta mengidentifikasi kebutuhan data satelit  Inderaja pada tahun 2021 dari Kementerian/Lembaga/Pemerintah Daerah.

 

Kegiatan ini diikuti oleh perwakilan dari Kementerian/Lembaga, TNI, POLRI, Pemerintah Provinsi, Pemerintah Kabupaten/Kota, Perguruan Tinggi, Lembaga Litbang, Organisasi Profesi.

“Pemanfaat data dan informasi Inderaja yang efektif dan efisian akan memberikan dampak penghematan anggaran, serta terlaksananya pemanfaatan data satelit Inderaja di semua sektor secara nasional.” Ujar Kepala LAPAN, Prof. Dr. Thomas Djamaluddin.

Selain menerima penghargaan, BBSDLP juga menerima data satelit penginderaan jauh terbaru tahun 2020. Data Inderaja tersebut meliputi Mosaik citra satelit lansscape 8, Mosaik Citra Spot 6, terraSAR-X, serta Pleiades seluruh Indonesia.

Kepala Badan Litbang Pertanian, Dr. Fadjry Djufry, menyambut baik atas prestasi yang diperoleh BBSDLP tersebut. “Penghargaan ini merupakan indikasi bahwa kerja keras dan cerdas kita selama ini bermafaat bagi pembangunan pertanian dan diapresiasi oleh pihak lain”

Sementara itu Kepala BBSDLP, Dr. Husnain mengucapkan terima kasih atas kerjasama dan dukungan semua pihak atas diperolehnya penghargaan Eka Indriya Mandrawa dari LAPAN.

Selain BBSDLP Balitbangtan, Pusat Data dan Informasi dari Setjen Kementan juga memperoleh penghargaan Indriya Mandrawa 2021. Selamat kepada BBSDLP dan Pusdatin Kementan. Semoga mampu terus berprestasi! (AS/LQ/WA)

Copyright © 2017 Balai Besar Sumberdaya Lahan Pertanian. All Rights Reserved.
Jl. Tentara Pelajar No. 12, Kampus Penelitian Pertanian Cimanggu - Bogor 16114
Telpon: 0251-8323011, 8323012 Fax: 0251-8311256 Email: sekretariatbbsdlp@yahoo.com atau bbsdlp@litbang.pertanian.go.id