Badan Litbang Pertanian melalui Balai Besar Litbang Sumberdaya Lahan Pertanian (BBSDLP) melaksanakan kegiatan Bimbingan Teknis (Bimtek) Peningkatan Kapasitas Petani: "Petani Bertanya, BBSDLP Menjawab" di Kantor Desa Bojong, Cimahi, Kecamatan Cikembar, Kabupten Sukabumi, Selasa (9/03/2021).

Kegiatan Bimtek ini dilaksanakan dalam rangka mendiseminasikan inovasi teknologi yang telah dihasilkan oleh Badan Litbang Pertanian dan dalam rangka meningkatkan kapasitas dan kemampuan para petani dalam pengelolaan lahan pertanian. Implementasi inovasi teknologi pertanian yang tepat dapat menjadikan lahan pertanian lebih produktif dan meningkatkan nilai usaha tani.

Bimtek tersebut dihadiri oleh Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Sukabumi (Ir. Sudirja MM) , Camat Cikembar (Dody Rukman Medianto, S.IP), Kepala Desa Bojong (Lahudin), dan Kepala UPTD Wilayah II Cibadak ( Yadi Mulyadi), dan dihadiri 50 petani dari 7 kelompok tani. Bimtek dibuka oleh Kepala BBSDLP yang diwakili oleh Sub Koordinator Pendayagunaan Hasil Penelitian, Drs. Widhya Adhy. 

Materi yang disampaikan dalam Bimtek terdiri atas (1) Pemanfaatan Rekomendasi Pengelolaan Lahan oleh Dr. Edi Yatno, M.Sc (BBSDLP), (2) Pemanfaatan Pekarangan dengan Budidaya Lele Sistem Bioflok oleh Koko Kusumah (Balittanah), dan (3) Peningkatan Mutu Pupuk Organik Menggunakan Mikroba oleh Dr. Etty Pratiwi, M.Si (Balittanah).

" Kami sangat berterimakasih kepada BBSDLP Balitbangtan yang telah mengadakan kegiatan ini, sehingga meningkatkan kemampuan petani di Cikembar ini. Kami berharap kegiatan ini berlanjut dengan pendampingan praktek di lapangan. " Ujar Abdul Azis, Petani dari kelompok tani Umbul Sejahtera. 

Petani sangat antusias dan aktif mengajukan pertanyaan dalam acara ini.(LQ/IMS) 

Copyright © 2017 Balai Besar Sumberdaya Lahan Pertanian. All Rights Reserved.
Jl. Tentara Pelajar No. 12, Kampus Penelitian Pertanian Cimanggu - Bogor 16114
Telpon: 0251-8323011, 8323012 Fax: 0251-8311256 Email: sekretariatbbsdlp@yahoo.com atau bbsdlp@litbang.pertanian.go.id