Badan Litbang Pertanian melalui Balai Besar Litbang Sumberdaya Lahan Pertanian (BBSDLP) melaksanakan kegiatan Bimbingan Teknis (Bimtek) Peningkatan Kapasitas Petani Milenial: "Petani Bertanya, BBSDLP Menjawab" di Kantor Desa Bulukarto, Kecamatan Gading Rejo, Kabupaten Pringsewu, Provinsi Lampung Selasa (17/03/2021).

Kegiatan Bimtek ini dilaksanakan dalam rangka mendiseminasikan inovasi teknologi yang telah dihasilkan oleh Badan Litbang Pertanian untuk meningkatkan kapasitas dan kemampuan para petani dalam pengelolaan lahan pertanian. Implementasi inovasi teknologi pertanian yang tepat dapat menjadikan lahan pertanian lebih produktif dan meningkatkan produktivitas usaha tani.

Kegiatan yang dibuka oleh Kepala BBSDLP yang diwakili oleh Koordinator Kerjasama dan Pendayagunaan Hasil Penelitian (Dr. Asmarhansyah) ini, dihadiri oleh Kepala BPTP Lampung (Dr. Drs. Jekvy Hendra, M. SI), Kepala Dinas Pertanian kabupaten Pringsewu (Siti Litawati, SP), Kepala UPTD, 9 PPL yang berasal dari 5 BPP, 2 Kelompok Jabatan Fungsional, serta 76 poktan dari 9 kecamatan. 

"Bahwa Balitbangtan berkoordinasi dengan BPTP dan pemerintah daerah untuk mendiseminasikan inovasi yang telah dihasilkan, Pringsewu dominan padi dan bawang. Dengan potensi yang dimiliki, kelompok tani diharapkan dapat meningkatkan kapasitas dan pendapatan melalui kegiatan bimtek yang diadakan oleh BBSDLP. " Ujar Asmarhansyah dalam sambutannya. 

"Bimtek ini merupakan salah satu kolaborasi BBSDLP dengan BPTP untuk mendiseminasikan hasil penelitian dan produk untuk diaplikasikan di Pringsewu terutama komoditas padi, bawang, dan unggas. Peserta harus dapat memanfaatkan kesempatan ini untuk sharing informasi mengenai dinamika di lapangan misalnya iklim, tanah, cuaca, dan pupuk yg menjadi kendala petani. Contoh nyata serangan WBC di sini, yang mana hal ini sudah dikaji secara menyeluruh oleh BBSDLP. Contoh lain yaitu pupuk. BBSDLP sudah memetakan unsur hara hingga kecamatan, misal kandungan N, bila kandungan N di suatu tempat sudah tinggi, maka petani tidak perlu menambahkan pupuk N". Ujar Kepala BPTP. 

Jekvy juga menambahkan, "pada kesempatan bimtek ini dapat menjadi jembatan untuk meningkatkan kapasitas yang berujung pada peningkatan produktivitas pertanian di Pringsewu."

Dalam arahannya, Kepala Dinas Kabupaten Pringsewu sangat berterimakasih kepada BBSDLP yang telah memfasilitasi petani untuk menyelenggarakan kegiatan ini. "Dengan adanya kegiatan ini, kami berharap dapat meningkatkan kapasitas petani, sehingga ke depannya pembangunan pertanian di Pringsewu bisa lebih maju" lanjutnya. 

Ada dua materi yang dipaparkan dalam kegiatan ini, antara lain Pemanfaatan Rekomendasi Pengelolaan Lahan oleh peneliti senior BBSDLP (Dr. M. Hikmat, M.Si.) dan Pengenalan Produk-produk Pupuk Berbasis Mikroba oleh peneliti Balittanah (Dra. Selly Salma, M.Si). 

Peserta sangat antusias mengikuti acara ini, mereka juga aktif dalam diskusi. 

"Kami berterimakasih kepada BBSDLP yang telah mengadakan kegiatan ini, sehingga pengetahuan kami terhadap pengelolaan lahan meningkat." Ujar Maskur, petani dari Gading Rejo. (LQ/NC/WA) 

 

Copyright © 2017 Balai Besar Sumberdaya Lahan Pertanian. All Rights Reserved.
Jl. Tentara Pelajar No. 12, Kampus Penelitian Pertanian Cimanggu - Bogor 16114
Telpon: 0251-8323011, 8323012 Fax: 0251-8311256 Email: sekretariatbbsdlp@yahoo.com atau bbsdlp@litbang.pertanian.go.id