Bogor, 30 Maret 2021. Bertempat di Aula UPT Pertanian Wilayah IX Cibinong dilaksanakan Bimtek Peningkatan Kapasitas Petani Milenial. Kegiatan ini dihadiri oleh Kepala BBSDLP yang diwakili oleh Subkoordinator Kerjasama Penelitian (Saefoel Bachri, S.Kom, MMSI); Kepala Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura, dan Perkebunan Kab. Bogor yang diwakili oleh Kepala Bidang Penyuluhan (Tatang Mulyadi, SP, M.Si); Kepala UPT Pertanian IX Wilayah Cibinong (Rika Indriati Roamer, SP); dan Koordinator Penyuluh Cibinong (Towapa Ridwan).

Kegiatan dibuka oleh Subkoordinator Kerjasama Penelitian BBSDLP, Saefoel Bachri, S.Kom, MMSI dan diikuti oleh 62 peserta yang berasal dari petani di empat kecamatan (Cibinong, Bojonggede, Tajur Halang, dan Babakan Madang) serta penyuluh.

Pada kesempatan pembukaan, Saefoel mengatakan bahwa Bimtek merupakan cara mengakselerasi peningkatan kapasitas petani, khususnya petani milenial di bidang teknologi dan inovasi yang dihasilkan oleh Badan Litbang Pertanian, khususnya BBSDLP. Saefoel menilai pentingnya Bimtek tersebut dan menyatakan bahwa Bimtek serupa dengan materi berbeda telah dilakukan oleh Kementerian Pertanian di berbagai daerah atau kabupaten dan telah diikuti oleh ribuan peserta khusunya petani.

Sementara itu Kepala Bidang Penyuluhan, Tatang Mulyadi dalam sambutannya mengucapkan terimakasih kepada BBSDLP telah mengadakan kegiatan yang sangat membantu meningkatkan kapasitas petani, terutama dalam pengelolaan lahan.

“Dengan adanya kegiatan ini, kami berharap dapat meningkatkan kapasitas petani, sehingga ke depannya pembangunan pertanian di Bogor bisa lebih maju,” lanjutnya.

Materi yang disampaikan yakni Pemanfaatan Rekomendasi Pengelolaan Lahan oleh Rachmat Abdul Gani, SP (BBSDLP) dan Peningkatan Mutu Kompos Menggunakan Mikroba oleh Dr. Etty Pratiwi, M.Si. (Balittanah). Kedua narasumber ini merupakan peneliti dari lingkup BBSDLP yang sangat kompeten di bidangnya.

Peserta sangat antusias menyimak materi yang dipaparkan dan juga aktif dalam disukusi.

“Kami berterimakasih kepada BBSDLP Balitbangtan yang telah mengadakan kegiatan Bimtek ini. Pengetahuan kami terhadap pengelolaan lahan menjadi meningkat dan besar harapan kami akan ada kegiatan bimtek lanjutan dengan pendampingan praktek di lapangan," ujar Mustopa, Petani dari kelompok tani Barokah.(IMS/SNS)

Copyright © 2017 Balai Besar Sumberdaya Lahan Pertanian. All Rights Reserved.
Jl. Tentara Pelajar No. 12, Kampus Penelitian Pertanian Cimanggu - Bogor 16114
Telpon: 0251-8323011, 8323012 Fax: 0251-8311256 Email: sekretariatbbsdlp@yahoo.com atau bbsdlp@litbang.pertanian.go.id