Realisasi swasembada bawang putih dapat dipercepat pada 2019 atau tujuh tahun lebih maju dari target semula. Kementerian Pertanian melalui Balai Besar Penelitian dan Pengembangan Sumberdaya Lahan Pertanian telah memetakan kesesuaian lahan bawang putih berdasarkan faktor tanah, iklim, dan sosio kultur masyarakat. Sebut saja dengan memilih wilayah dataran tinggi dengan kultur masyarakat setempat yang akrab dengan bawang putih sebelumnya.

Kementerian Pertanian juga bersinergi dengan kementerian lain untuk membangun sektor pertanian berdasarkan potensi dan keunggulan daerah. Untuk mencapai swasembada bawang putih dibutuhkan lahan 60.000 ha dengan asumsi kebutuhan nasional mencapai 500 ribu ton per tahun.

Lokasi pengembangan tersebar seperti di Lombok Timur, Temanggung, Enrekang, dan Solok. Beberapa waktu lalu misalnya. Menteri Pertanian, Andi Amran Sulaiman bersama dengan Menteri BUMN Rini Sumarno, Menteri Desa dan PDT, Eko Putro Sandjojo, serta wakil gubernur NTB dan Wakil Bupati telah melakukan penanaman bawang putih di Dusun Lebak Daya, Kecamatan Sembalun Lawang, Lombok Timur. “Besarnya potensi pengembangan bawang putih ini perlu didorong dan perlu bersinergi dengan beberapa kementerian lain,” jelas Mentan. Kabupaten Lombok Timur merupakan sentra bawang putih yang memasok 52% dari luas panen nasional. 

Untuk mendukung upaya tersebut, Kementerian Desa dan PDT siap memberikan bantuan embung di Kabupaten Lombok Timur, selain itu Kementerian BUMN pun siap memberikan bantuan kredit untuk akses KUR (Kredit Usaha Rakyat). Sementara itu, Kementan siap meyediakan benih gratis bagi petani. Upaya tersebut bertujuan meningkatkan ketahanan pangan sekaligus meredakan impor bawang putih di Indonesia. “Kenaikan harga pada minggu ke I dan II Mei lalu menunjukkan adanya impor tidak menjamin harga lebih murah. Perlu dilakukan upaya tegas dari pemerintah untuk mengaturnya,” jelas Mentan. Daerah lain juga akan mendukung terwujudnya swasembada bawang putih. “Bila satu kabupaten saja dapat memenuhi 10.000 ha kebutuhan lahan, maka ditambah dengan kabupaten lain target sudah bisa terpenuhi,” jelas Mentan. Perlu dilakukan terobosan dalam sektor perbenihan, sehingga tahun 2018 benih-benih bersertifikat dan Jabal (jaringan benih antar lapang) siap untuk pengembangan kawasan bawang putih. (Diolah dari berbagai sumber oleh Nunik R