Lahan yang banyak dimanfaatkan di Indonesia untuk pertanian adalah lahan kering masam. Maksudnya lahan kering dengan pH tanah kurang dari 7. Secara nasional sebaran lahan kering masam tersebut sangat dominan untuk pengembangan tanaman pangan dan tanaman tahunan.

Namun demikian, menurut Dr. Irawan, peneliti Balai Penelitian Tanah, BBSDLP, produktivitas lahan kering masam masih rendah dibandingkan dengan potensinya. “Butuh optimalisasi lahan agar dapat menjadi penopang utama dan prioritas pembangunan pertanian ke depan,” katanya.

Menurut Irawan, optimalisasi dapat dilakukan dengan program intensifikasi yang didukung penerapan inovasi teknologi sehingga tercapai peningkatan produktivitas dan indeks pertanaman (IP).

Saat ini inovasi teknologi pengelolaan lahan kering masam telah banyak dihasilkan. Sebut saja teknologi pengayaan unsur P dan K, teknik pemberian kapur untuk mengatasi kemasaman tanah dan keracunan alumunium, teknologi konservasi tanah berupa sistem olah tanah konservasi, pemanfaatan mulsa, konservasi secara vegetates. Sementara untuk pengelolaan air di lahan kering terdapat teknik panen hujan dan aliran permukaan, teknologi irigasi dam parit, serta teknologi konservasi air.

Balai Besar Litbang Sumberdaya Lahan Pertanian (BBSDLP) melalui Balai Penelitian Tanah juga sudah menghasilkan teknologi yang mendukung pemanfaatan lahan kering berupa Perangkat Uji Tanah Kering (PUTK). Yaitu seperangkat alat yang dirancang untuk mengukur kadar P, K, C-Organik, pH dan kebutuhan kapur di lahan kering yang dapat dibawa ke lapangan dengan mudah.

Dengan alat tersebut para petani dan penyuluh dapat dengan mudah mengetahui status hara tanah dan dapat memenuhi kebutuhan hara tanaman dengan cepat, sehingga produktivitas tanaman di lahan kering masam dapat ditingkatkan. (Laela Rahmi)

Copyright © 2017 Balai Besar Sumberdaya Lahan Pertanian. All Rights Reserved.
Jl. Tentara Pelajar No. 12, Kampus Penelitian Pertanian Cimanggu - Bogor 16114
Telpon: 0251-8323011, 8323012 Fax: 0251-8311256 Email: sekretariatbbsdlp@yahoo.com atau bbsdlp@litbang.pertanian.go.id