Bogor (12/02/2018). Penggunaan jurnal elektronik untuk Terbitan Berkala Ilmiah (TBI) merupakan syarat utama dalam akreditasi. Balai Besar Litbang Sumberdaya Lahan Pertanian (BBSDLP) mengelola dua terbitan berkala ilmiah, yakni Jurnal Tanah dan Iklim (JTI) dan Jurnal Sumberdaya Lahan (JSDL). Dalam rangka mempersiapkan akreditasi, BBSDLP mengikuti workshop pengelolaan jurnal elektronik yang diselenggarakan oleh Badan Litbang Pertanian.

Workshop yang dihadiri oleh perwakilan dari 18 TBI yang ada di lingkup Badan Litbang Pertanian ini diselenggarakan di Bogor pada tanggal 12-14 Februari 2018. Dalam kegiatan workshop ini dihadirkan narasumber dari LIPI dan tim penilai akreditasi, peserta bersama-sama mempersiapkan aplikasi secara matang dan melakukan sharing pengalaman dan knowledge.

Prof. Supriadi sebagai anggota tim penilai menyampaikan bahwa penggunaan OJS (Online Journal System) merupakan bobot penilaian utama dalam akreditasi TBI. “Meningkatkan peran dan komitmen menjadi hal utama, perhatian dan komitmen pimpinan dalam pengelolaan jurnal juga sangat penting, pemahaman antara pimpinan dengan dewan redaksi harus sejalan,” ungkapnya.

Dalam workshop ini disampaikan jadwal akreditasi untuk masing-masing TBI, untuk JTI proses akreditasi dilaksanakan pada tahun 2018 sedangkan JSDL pada tahun 2019. Proses akreditasi dilakukan penilaian terhadap 4 nomor terbitan jurnal yang seluruhnya harus telah menggunakan OJS secara keseluruhan. Terdapat 15 fitur yang akan dinilai oleh tim akreditasi, yang kemudian menjadi hal utama yang harus diperhatikan oleh pengelola jurnal.

Hasil review dari narasumber menyatakan bahwa perlu adanya peningkatan kualitas dari karya tulis ilmiah dan perlu ditingkatkan kemampuan majemen dari dewan redaksi. Penggunaan pustaka otomatis seperti Mendeley dan Grammarely juga menjadi penting dan menambah poin penilaian. Peningkatan peran mitrabestari yang berkualifikasi internasional dan kerjasama dengan lembaga atau organisasi profesi selain menambah poin penilaian juga tentunya akan meningkatkan kualitas karya tulis.

Penggunaan jurnal elektronik sebagai impact recognation, yakni diharapkan agar tidak hanya sebagai halte untuk karya-karya peneliti, penyuluh, dan litkayasa di lingkup Litbang ataupun kementerian tetapi juga dapat bermanfaat bagi masyarakat luas. BBSDLP sepenuhnya mendukung kegiatan pengelolaan jurnal elektronik yang memuat hasil-hasil penelitian yang berkaitan dengan aspek lahan/tanah, air, iklim, dan lingkungan. (NK)

Jurnal Elektronik BBSDLP dapat diakses disini :

Jurnal Tanah dan Iklim

Jurnal Sumberdaya Lahan