Kepulauan Riau, 22 Maret 2018. Balai Besar Litbang Sumberdaya Lahan Pertanian (BBSDLP) melaksanakan kegiatan Sosialisasi Peta Sumberdaya Lahan skala 1:50.000. Peta Sumberdaya Lahan tersebut terdiri dari Peta Tanah Semidetail, Peta Kesesuaian Lahan, dan Arahan Komoditas Pertanian untuk 5 Kabupaten dan 2 Kota di Provinsi Kepulauan Riau, serta Rekomendasi Pengelolaan Lahan. Kegiatan ini dilaksanakan di Ruang Rapat lantai III, Barenlitbang Daerah Kepri Kompleks Perkantoran Terpadu Provinsi Kepri, yang dihadiri oleh beberapa UK/UPT dan BUMN di Provinsi Kep. Riau yaitu Barenlitbangda, Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Kesehatan Hewan, Bapedda, Dinas Pertanian, Dinas Pangan dan Pertanian, Dinas Perikanan, Pertanian dan Pangan, Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu, Badan Pengusahaan, peneliti/penyuluh BPTP Kep. Riau serta PT. SMI. Sedangkan dari Balitbangtan dihadiri oleh Kepala BTPT Kepri, Kabid KSPHP, dan para peneliti BBSDLP.

Kegiatan sosialisasi ini diwali dengan sambutan dari Drs. H. Naharuddin, M.TP selaku Kepala Barenlitbangda Kep. Riau. Dalam sambutannya, Kepala Barenlitbangda menyatakan bahwa sosialisasi ini sangat penting karena informasi yang diberikan BBSDLP akan menjadi salah satu dasar pengambilan kebijakan perencanaan dan pengembangan di daerah. Sambutan dilanjutkan oleh Dr. Ir. Mizu Istianto selaku Kepala BPTP Kep. Riau, MS, serta Dr. Ir. Yiyi Sulaeman, SP, M.Sc selaku perwakilan Kepala BBSDLP.

Dalam kegiatan sosialisasi ini Dr. Ir. Yiyi Sulaeman, SP, M.Sc memaparkan mengenai pentingnya peran data sumberdaya lahan dalam mendukung kebijakan pembangunan pertanian nasional. Dilanjutkan dengan penjelasan mengenai tata cara membaca peta tanah, peta kesesuaian lahan, dan rekomendasi pengelolaan lahan oleh Dr. Ir. Erna Suryani, M.Si, Ir. Anny Mulyani, MS, Dr. Sukarman dan yang terakhir penjelasan mengenai sosialisasi akses data sumberdaya lahan melalui internet oleh Hanifah Nurul ‘Arsy, SP.

Kegiatan sosialisasi ini juga dilaksanakan dalam rangka penyerahan Peta Tanah, Peta Arahan, Buku RPL, serta perangkat PUTS secara simbolis kepada perwakilan dari masing-masing 5 Kabupatenn dan 2 Kota yaitu Kab. Bintan, Kab. Karimun, Kab. Kepulauan Anambas, Kab. Lingga, Kab. Natuna, Kota Batam dann Kota Tanjung Pinang. Setelah dilaksanakannya kegiatan sosialisasi ini, diharapkan seluruh pihak yang terlibat dapat memanfaatkan data dan informasi yang diperoleh serta dapat menjadikannya sebagai tolak ukur maupun rekomendasi dalam pemanfaatan dan pengembangan sumberdaya lahan di Kepulauan Riau. (HNA)