Bogor, 19 April 2018. Badan Litbang Pertanian mengadakan kegiatan Diklat Teknisi Litkayasa yang diadakan pada tanggal 16 – 19 April 2018. Para peserta berjumlah 30 orang yang terdiri dari beberapa unit kerja yaitu diantaranya Balitkabi, Balithi, Balitpalma, BPTP NTT, BPTP Lampung, BPTP Papua, BPTP Sulawesi Tenggara, BPTP Sulawesi Utara, BPTP Sulawesi Tengah, BPTP Sumatera Barat, BPTP Jawa Timur, dan BPTP Banten. Diklat ini merupakan Diklat Gelombang kedua di tahun 2018.

Badan Litbang Pertanian adalah Lembaga Penelitian dan Pengembangan yang berkelas internasional, sehingga para peneliti, penyuluh, teknisi, dan seluruh komponen pendukung Litbang Pertanian harus mampu meningkatkan kualitas diri. Oleh karena itu, melalui Diklat ini pegawai yang akan menduduki jabatan fungsional Teknisi Litkayasa wajib mengikuti Diklat Teknis Litkayasa. Salah satu rangkaian dari kegiatan diklat ini adalah kunjungan di kawasan Kampus Pertanian dan Agrosinema yang disambut dengan baik oleh Kepala Balai Besar Litbang Sumberdaya Lahan Pertanian (BBSDLP) yang diwakili oleh Dra. Nur Jayanti, M.Sc selaku Kepala TU.

Dalam kunjungan ini, para peserta diberikan informasi mengenai Badan Litbang Pertanian dan BBSDLP melalui tayangan video profil, serta informasi mengenai SISULTAN, Sistem Informasi Sumberdaya Lahan Pertanian yang dipresentasikan oleh Kepala Seksi Kerja Sama Penelitian, Saefoel Bachri, S.Kom, MMSI. “SISULTAN adalah Sistem informasi berbasis WebGIS yang menyajikan informasi berupa peta-peta sumberdaya lahan pertanian yang dibuat dan dipetakan oleh BBSDLP. Kita bisa dengan mudah mengakses peta hanya dengan membuka situs ini. Bagi Bapak dan Ibu yang ingin mencari informasi mengenai sumberdaya lahan pertanian di daerah masing-masing juga dapat memilih lokasi mana yang akan dicari.”, paparnya. Tidak hanya itu, Saefoel juga menjelaskan bagaimana cara mengakses SISULTAN dengan sangat rinci.

Setelah diadakannya rangkaian kunjungan ini, para peserta Diklat Teknisi Litkayasa Balitbangtan diharapkan mendapat informasi dan pengalaman yang bermanfaat sehingga dapat berkontribusi secara maksimal pada kegiatan penelitian perekayasaan Badan Litbang Pertanian. (HNA)

Klik di sini untuk melihat liputan selengkapnya.