Pekanbaru, 12 Mei 2018. Balai Besar Litbang Sumberdaya Lahan Pertanian (BBSDLP) melakukan kerjasama dengan Universitas Riau yang dituangkan dalam Piagam Kesepahaman Bersama (MoU) yang masing-masing ditandatangani oleh Kepala BBSDLP Prof. Dr. Dedi Nursyamsi, M. Agr dan Rektor Universitas Riau (UNRI), Prof. Dr. Ir. Aras Mulyadi, DEA. (12/5/2018)

Naskah kesepahaman tersebut berisikan kesepakatan mengadakan kerjasama secara kelembagaan dalam lingkup pendidikan, penelitian, serta pengabdian kepada masyarakat khususnya yang berkaitan dengan sumberdaya lahan pertanian. Sebagai tindak lanjut penandatanganan Piagam Kesepahaman tersebut akan diatur dan dituangkan dalam Perjanjian Kerjasama dengan kesepakatan kedua belah pihak.

Kerjasama antara lembaga penelitian dan lembaga pendidikan tinggi dinilai sangat penting bagi kedua belah pihak. Selain untuk membangun jaringan kerja, bagi lembaga penelitian seperti BBSDLP merupakan bentuk layanan terhadap masyarakat. Hasil-hasil penelitian dan inovasi teknologi yang dihasilkan BBSDLP dapat secara langsung didiseminasikan kepada para mahasiswa dan dosen perguruan tinggi yang menjalin kerjasama. Sementara itu dari sisi perguruan tinggi, kerjasama yang dituangkan secara formal akan memudahkan mereka memperoleh akses terhadap lembaga riset yang ada di Badan Litbang, Kementerian Pertanian, baik akses terhadap teknologi, maupun terhadap fasilitas dan sarana yang dimiliki oleh lembaga riset.

Rektor Universitas Riau, Prof. Dr. Ir. Aras Mulyadi, DEA sangat mengapresiasi dan menyampaikan pentingnya kerjasama tersebut.

“Saya berharap BBSDLP dapat berbagi pengalaman, karena BBSDLP adalah lembaga riset strategis dalam pembangunan dan pengembangan lahan pertanian di Indonesia.” tukas Aras.

Penandatangan Piagam Kesepahaman Bersama ini disambut hangat oleh lebih dari 160 orang mahasiswa S1, S2, dan S3 UNRI, sekaligus merupakan momentum perayaan milad Fakultas Pertanian UNRI yang ke 27.

Seusai penandatanganan Piagam Kesepahaman di atas, acara dilanjutkan dengan Kuliah Umum dengan tajuk “Sumberdaya Lahan Indonesia” yang disampaikan oleh Prof. Dedi Nursyamsi, M. Agr. (Saefoel Bachri/12/5/2018)