Bogor (31/05/18)). SISULTAN, Sistem Informasi Sumberdaya Lahan Pertanian adalah penyediaan data sumberdaya lahan pertanian di Indonesia. Sistem Informasi ini disusun oleh Balai Besar Litbang Sumberdaya Lahan Pertanian (BBSDLP), Badan Litbang Pertanian. Sistem informasi ini berbasis WebGIS yang menyediakan data dan informasi geospasial yaitu: a) Peta-peta skala 1:1.000.000, b) Peta tanah skala tinjau (1:250.000), c) Peta Tanah skala Detail (1:50.000), dan d) Peta tematik lain yang terkait dengan sumberdaya lahan pertanian, seperti: peta sumberdaya air (embung, DAS), peta status kawasan (KLHK).

Sistem informasi ini dilengkapi dengan data geospasial seperti: (i) wilayah hujan, yang menyajikan kelas curah hujan dan sebarannya. Data ini bersumber dari peta tata ruang pertanian skala 1:1.000.000 yang diterbitkan oleh Balai Penelitian Agroklimat dan Hidrologi pada tahun 2000; (ii) tanah eksplorasi, yang menyajikan jenis tanah pada tingkat grup dan sebarannya secara nasional. Informasi ini bersumber dari Peta Sumberdaya Tanah skala 1:1.000.000 yang diterbitkan Puslittanak tahun 2000; (iii) arahan komoditas unggulan, yang menyajikan komoditas unggulan nasional dan sebarannya secara nasional. Informasi ini bersumber dari Peta Komoditas Unggulan Nasional yang diterbitkan Puslittanak tahun 2000; dan (iv) zona agroekologi, yang menyajikan zona agroekologi yang bersumber dari peta AEZ yang diterbitkan oleh Badan Litbang Pertanian tahun 2014.

Manfaat SISULTAN yaitu meberikan layanan kepada publik berupa penyediaan data dalam bentuk informasi geospasial yang dapat digunakan untuk perencanaan pembangunan pertanian. SISULTAN dapat dimanfaatkan oleh berbagai instansi terkait seperti Badan Perencanaan Pembangunan Daerah, Dinas Pertanian, serta oleh perorangan seperti peneliti, penyuluh, dosen perguruan tinggi, dan para praktisi pertanian dalam arti yang luas. Data yang disajikan SISULTAN saat ini merupakan data yang telah dipublikasi berupa atlas peta. Pengembangan berikutnya akan diarahkan pada skala yang lebih detail, dilengkapi dengan peta kesesuaian lahan komoditas. 

Untuk informasi lebih lanjut :

sisultan.litbang.pertanian.go.id

Untuk menyaksikan video SISULTAN :

Video SISULTAN