Perpustakaan BBSDLP merupakan perpustakaan tanah tertua nasional dengan koleksi buku dan jurnal dan laporan lainnya sejak era tahun 1905-an. Koleksi pustaka terus bertambah termasuk sumbangan dari para pakar tanah. Dr. H. Subagyo, peneliti utama sekaligus peneliti senior, menyumbangkan  261 judul pustaka untuk tambahan koleksi di perpustakaan.

Semua buku tersebut diserahkan oleh Dr. Subagyo di kediamannya kepada Wahid Nugroho yang mewakili pengelola perpustakaan BBSDLP pada tanggal 21 Mei 2018. Tidak hanya memberikan buku-buku literatur, Dr. H. Subagyo juga turut memberikan kumpulan publikasi dari kegiatan seperti workshop juga publikasi umum yang berkaitan dengan sumberdaya lahan pertanian. Selain itu juga turut disampaikan beberapa buku dan laporan hasil-hasil penelitan dan survey tanah di berbagai pulau di Indonesia.

Buku-buku tersebut kini telah berada di perpustakaan yang kemudian memudahkan untuk pembaca atau pencari literatur untuk mengaksesnya. Selain peneliti, perpustakaan BBSDLP sering dikunjungi oleh mahasiswa dan swasta yang memerlukan referensi, baik buku hasil penelitian dan inovasi pertanian, ataupun peta-peta sumberdaya lahan pertanian Indonesia.

Diharapkan dengan bertambahnya koleksi buku dan publikasi lain di perpustakaan BBSDLP, dapat meningkatkan kulaitas dan kuantitas perpustakaan juga mampu meningkatkan minat pembaca untuk berkunjung. (NK)