Bogor, 6 Juni 2018. Sekretaris Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Karimun, drh. Yuyun Marhayoeni didampingi oleh Kepala Subbagian Kepegawaian mewakili Dinas Pangan dan Pertanian Kabupaten Karimun mengunjungi Balai Besar Litbang Sumberdaya Lahan Pertanian (BBSDLP). Kunjungan ini dalam rangka kerjasama antara pemerintah daerah Kabupaten Karimun dengan BBSDLP yang disambut sangat baik oleh Kepala Bidang KSPHP, Dr. Yiyi Sulaeman, M.Sc.

Pemerintah Daerah Kabupaten Karimun melalui Dinas Pangan dan Pertanian telah berupaya melakukan berbagai kegiatan diantaranya penanaman padi lahan kering, penanaman jagung manis, dan berbagai tanaman hortikultura lainnya seperti cabe, semangka, bawang merah, namun hasil yang didapat belum optimal karena aspek pengelolaan lahan pertanian yang belum memadai. Ibu drh. Yuyun Marhayoeni menjelaskan, “Kami sangat membutuhkan bantuan dari BBSDLP, khususnya pada lahan basah yang belum optimal seluas 105 hektar. Kami mengharapkan bantuan baik seperti dalam penyediaan alat serta mendatangkan ahli dari BBSDLP”.

Tindak lanjut dari rencana kerjasama ini akan langsung ditangani oleh Kepala Seksi Kerjasama Penelitian, Saefoel Bachri, S.Kom, MMSI, dibawah pengawasan Kepala Bidang KSPHP. Beberapa rencana bantuan dari BBSDLP yang akan diberikan yaitu mencakup rekomendasi pengolahan lahan basah, rencana pengelolaan tata air serta membantu dalam pengembangan pertanian. BBSDLP juga memberikan beberapa publikasi yang berkaitan dengan lahan basah/rawa untuk disebar luaskan Dinas Pangan dan Pertanian agar dapat dimanfaatkan baik oleh petani maupun Pemerintah Daerah Kabupaten Karimun.