Pati (2/7/18).' Lahan sehat, bangsa kuat'. Demikian tema yang dipilih oleh Balai Penelitian Lingkungan Pertanian (Balingtan) yang melaksakan pekan Aksi Peduli Lingkungan Pertanian. Balingtan, sebagai salah satu unit pelaksa teknis penelitian dari Badan Litbang Pertanian, mempunyai tugas dan fungsi mengembangkan teknologi untuk penanganan masalah lingkungan pertanian. Kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka memperingati Hari Lingkungan Hidup Sedunia dan Hari Bumi tahun ini.

Dalam sambutannya, Wakil Bupati Kabupaten Pati, Bapak Saiful Arifin menyampaikan pemikiriannya bagaimana limbah-limbah pertanian bisa dimanfaatkan untuk menciptakan nilai tambah. "Kami senantiasa menunggu hasil riset dari Litbang ini untuk diterapkan oleh rakyat kami di Kabupaten Pati ini" ungkap Saiful.

Sementara itu, Prof. Dedi Nursyamsi, Kepala BBSDLP yang mewakili Kepala Badan Litbang Pertanian menyampaikan bahwa bangsa yang kuat ditentukan oleh lahan yang sehat. "Saya mengajak kita semua untuk mengelola lahan kita dengan baik dan merubah limbah pertanian menjadi produk produk yang bernilai tambah. Badan Litbang Pertanian melalui Balingtan menggelar teknologi tersebut pada acara ini", ajak Dedi.

Dalam laporannya, Dr. Asep Nugraha, Kepala Balingtan sebagai Ketua Panitia menyatakan bahwa acara Aksi Peduli Lingkungan Pertanian ini dilaksanakan mulai tanggal 1 hingga 7 Juli 2018. Aksi ini menyuguhkan 5 aksi yaitu bimbingan teknis teknologi balingtan, gelar teknologi, bazar, inovasi teknologi pertanian ramah lingkungan, dan lomba mewarnai. (yy)

 

Info terkait klik