Bogor (6/07/18). Balai Besar Litbang Sumberdaya Lahan Pertanian (BBSDLP) kembali menerima kunjungan mahasiswa dari University of Sydney, Australia. Agenda rutin tahunan ini merupakan salah satu program yang didukung oleh Pemerintah Australia dalam rangka mengenalkan pertanian Indonesia pada mahasiwa. Sebanyak 20 orang mahasiswa yang ikut hadir berlatar belakang keilmuan yang beragam, tidak hanya pertanian tetapi juga lingkungan dan manajemen.

Dalam sambutannya Kepala Bidang Program dan Evaluasi Ir. Mas Teddy Sutriadi, MSi menyampaikan apresiasinya atas kedatangan para mahasiswa ke Kantor BBSDLP. "Semoga banyak ilmu yang dapat diambil oleh mahasiswa, selain itu juga diharapkan adanya transfer pengetahuan dari kedua belah pihak yang dapat bermanfaat untuk kemajuan pertanian di Indonesia khususnya," ungkap Teddy.

Penjelasan mengenai kondisi tanah di Indonesia dilakukan oleh Peneliti BBSDLP, Dr. Markus Anda, MSc Dalam paparannya disampaikan mengenai perkembangan pemetaan tanah di Indonesia serta arahan pemanfaatannya untuk pertanian di Indonesia. Selain itu dilaksanakan juga field trip ke perkebunan kelapa sawit milik PTPN VIII di Cigudeg, Kabupaten Bogor. Para mahasiswa dikenalkan dengan profil tanah di kawasan perkebunan serta proses pengolahan kelapa sawit pasca panen.

“Kami sangat berterima kasih kepada BBSDLP yg sudah memfasilitasi dalam kunjungan ini. Banyak sekali ilmu dan pengalaman yang didapatkan, dan semoga dapat dimanfaatkan sebagai bahan pembelajaran untuk kami, " ungkap Dr. Kim-Yen Phan-Thien, dosen Food Science, Sydney Institute of Agriculture. (NK/VV)

 Untuk melihat video terkait klik di sini