Mamuju (19/07/18). Balai Besar Litbang Sumberdaya Lahan Pertanian (BBSDLP) kembali melaksanakan kegiatan Bimtek (Bimbingan Teknis) Pemanfaatan Peta Sumberdaya Lahan skala 1:50.000. Peta Sumberdaya Lahan tersebut terdiri atas Peta Tanah Semidetail, Peta Kesesuaian Lahan dan Arahan Komoditas Pertanian, serta buku Paket Rekomendasi Pengelolaan Lahan untuk 6 Kabupaten di Provinsi Sulawesi Barat.

Pada kegiatan ini BBSDLP menyerahkan Peta Tanah, Peta Arahan, dan Buku RPL kepada perwakilan Dinas Pertanian dan Bappeda dari 6 Kabupaten di Provinsi Sulawesi Barat, yaitu Kabupaten Mamuju, Mamuju Tengah,  Mamuju Utara, Majene, Polewali Mandar, dan Mamasa.

Kegiatan dilaksanakan di Dinas Pertanian Provinsi Sulbar yang dihadiri oleh perwakilan UK/UPT lingkup Pemda Provinsi Sulbar yaitu Barenlitbangda, Dinas Pertanian, Badan Ketahanan Pangan,  Bappeda Provinsi, 6 Dinas Pertanian dan 6 Bappeda Kabupaten lingkup Sulbar, serta BPTP Sulbar.

“Bimtek ini sangat penting bagi kita, karena informasi yang diberikan tentu akan sangat bermanfaat untuk menyusun masterplan yang kita akan laksanakan, selain itu juga ini bisa menjadi informasi dasar dan acuan dalam penyusunan peta pengembangan komoditas di provinsi maupun di kabupaten,” ungkap Kepala Dinas Pertanian Provinsi Sulbar Ir. Tanawali.

Ir. Mas Teddy Sutriadi, MSi selaku perwakilan Kepala BBSDLP memaparkan pentingnya peran data sumberdaya lahan dalam mendukung kebijakan pembangunan pertanian nasional hingga ke daerah. Data ini diharapkan dapat mendorong petani maupun pelaku usaha untuk mengembangan komoditas pertanian yang sesuai dengan kondisi dan potensi lahan.

Selain penyerahan peta dan buku, juga turut dilakukan pemaparan mengenai tata cara membaca peta tanah, peta kesesuaian lahan dan paket rekomendasi pengelolaan lahan oleh tim peneliti BBSDLP, yaitu Dr. Ir. Erna Suryani dan M.Si.dan Ir. Anny Mulyani, MS. Peserta diberikan kesempatan untuk berlatih dan berdiskusi secara langsung dengan pakarnya. Diharapkan dengan adanya pelatihan ini, data-data yang ada dapat dimanfaatkan secara tepat guna oleh seluruh pengguna.