Bogor (23/07/18). Balai Besar Litbang Sumberdaya Lahan Pertanian (BBSDLP) menerima kunjungan peserta pelatihan dasar Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) angkatan 18,19, dan 20. Peserta yang hadir berjumlah 67 orang tersebut berasal dari non lingkup Kementerian Pertanian.

Peserta disambut oleh Kepala BBSDLP yang diwakili oleh Kepala Bidang KSPHP, Dr. Yiyi Sulaeman, M.Sc. “Selamat datang kami ucapkan kepada para CPNS yang berkunjung ke kantor BBSDLP, kami berharap bapak dan ibu mendapatkan tambahan ilmu dan informasi terkait dengan sumberdaya lahan pertanian di Indonesia juga yang berkaitan pelayanan publik yang nanti akan disampaikan,” ungkap Dr. Yiyi.

Dalam kesempatan tersebut, Dr. Yiyi menyampaikan bahwa teknologi yang canggih dan ilmu pengetahuan yang terus berkembang sangatlah penting. Adanya istilah “banyak data namun sedikit informasi” menjadi pendorong bagi BBSDLP untuk mengembangan sistem informasi yang dapat diakses dan dimanfaatkan oleh masyarakat umum hingga ke petani.

Acara kemudian dilanjutkan dengan penayangan video profil BBSDLP, peserta diperkenalkan dengan sejarah terbentuknya BBSDLP serta berbagai inovasi di bidang pertanian yang telah  dihasilkan hingga kini.

Pemaparan mengenai pelayanan publik di Kementerian Pertanian disampaikan oleh Kasie PHP, Drs. Widhya Adhy. Kemudian peserta juga diperkenalkan dengan salah produk unggulan BBSDLP berupa tayangan mengenai SISULTAN (Sistem Informasi Sumberdaya Lahan Pertanian) dan Aplikasi Lokapeta.

Peserta kemudian mengunjungi Laboratorium IGAS untuk diperkenalkan mengenai alur kerja pemetaan dan pengolahan data geospasial. Turut diperkenalkan hasil-hasil dari pekerjaan di laboratorium IGAS berupa atlas-atlas peta sumberdaya lahan, atlas peta tanah, dan atlas peta kesesuaian lahan. (NK)