Jambi (24/07/18). Balai Besar Litbang Sumberdaya Lahan Pertanian (BBSDLP) menyelenggarakan Project Progress Workshop yang bertempat di Hotel Aston Jambi, 23-26 Juli 2018. Workshop ini dilaksanakan dalam rangka pembahasan kemajuan penelitian kerjasama antara BBSDLP dengan York University, United Kingdom, berjudul “Enhancing the benefits of tropical peatland restoration for supporting local communities and ecosystem processes”.

Workshop ini diselenggarakan dengan tujuan untuk menyampaikan kemajuan penelitian dan membahas bagaimana agar tujuan dari kerjasama ini dapat tercapai, serta untuk mengembangkan rencana tindak lanjut untuk tahun kedua dari kegiatan kerjasama tersebut.

Workshop dihadiri oleh perwakilan dari University of York, Prof Jane Hill, Dr. Lindsay Stringer dari Universitas Leeds, Dr. Jenny Hodgson dari University of Liverpool, dan Dr. Merry Crowson dari Zoological Society of London. Selain itu juga hadir perwakilan dari Lembaga Penyaluran Dana Pendidikan (LPDP) dan Dana Ilmu Pengetahuan Indonesia (DIPI).

Pada kesempatan pembukaan Workshop, Kepala BBSDLP yang diwakili oleh Kepala Bidang KSPHP, Dr. Yiyi Sulaeman menyampaikan pentingnya isu keberlanjutan dan keanekaragaman hayati lahan gambut yang selalu menjadi perdebatan baik domestik maupun global. Yiyi menekankan kerjasama ini diharapkan mampu memberikan rekomendasi kepada pembuat kebijakan untuk keberlanjutan pengelolaan lahan gambut.

“Saya optimis bahwa penelitian ini tidak hanya akan memberikan rekomendasi kebijakan, tetapi juga kontribusi untuk literatur ilmiah. Workshop ini merupakan langkah penting menuju pencapaian output tersebut,” ungkap Yiyi. (NK)