Pengelolaan lahan gambut yang lebih baik harus didukung dengan penguatan basisdata gambut nasional. Sebagai upaya membangun basisdata tersebut, Balai Besar Litbang Sumberdaya Lahan Pertanian (BBSDLP) bersama dengan Gabungan Pengusaha Kelapa Sawit Indonesia (GAPKI) dan Asosiasi Pengusaha Hutan Indonesia (APHI), telah melakukan pertemuan pendahuluan yang bertempat di Kantor BBSDLP, Bogor (26/6/2018).

Setiap anggota dari GAPKI dan APHI mengelola lahan gambut dan sangat memperhatikan keberlanjutan usahanya, sehingga masing-masing mengelola data gambut yang bersifat lokal.

BBSDLP yang merupakan walidata lahan gambut Indonesia, telah mengembangkan basisdata lahan rawa, termasuk InaWetSoils. Saat ini mengelola data gambut dengan berbagai versi, lokasi pengamatan, dan sifat tanah di setiap lokasi pengamatan.

Berdasarkan data tersebut, BBSDLP terus memperhalus skala peta menjadi lebih detail dan terus melakukan update peta lahan gambut nasional.

Pertemuan awal ini menghasilkan suatu kesepakatan dan pemahaman bersama akan pentingnya penguatan basisdata gambut nasional. Maka, sebagai tindak lanjut akan dilakukan sosialisasi kepada anggota GAPKI dan APHI terkait dengan isu-isu yang telah didiskusikan dalam pertemuan ini.