Gresik (8/7/2018). Kementerian Pertanian menyerahkan Taman Teknologi Pertanian (TTP) kepada Pemda Gresik. Penyerahan ini dilaksanakan dalam acara Launching TTP Gresik oleh Menteri Pertanian, Andi Amran Sulaeman, didampingi Kepala Badan Litbang Pertanian, Dr. M. Syakir dan jajaran pertanian lainnya dan dihadiri kelompok tani Gresik. TTP Gresik seluas sekitar 10ha ini berlokasi di desa Sukodono, kecamatan Panceng, kabupaten Gresik.

Dalam sambutannya, Mentan menegaskan kembali bahwa 'Kementan berkomitmen untuk membantu petani'. Melalui TTP banyak inovasi teknologi pertanian yang dapat dipelajari untuk diterapkan.

Tampak hadir juga dalam acara Launching TTP tersebut Gubernur Jawa Timur Soekarwo, Wakil Komisi IV DPR RI Viva Yoga Mauladi dan CEO PT Polowijo Grup, Arifin. Dalam kesempatan tersebut Viva Yoga menyatakan "teknologi pertanian mutlak diperlukan, untuk menghasilkan produk-produk pertanian yang unggul"

TTP Gresik dikembangkan di atas lahan yang berada satu kawasan dengan embung, sehingga sumber air terjaga. Selama ini pendampingan TTP oleh Badan Litbang Pertanian dilakukan melalui BPTP Jawa Timur. Nantinya TTP ini akan dikembangkan secara terpadu sebagai eduwisata pertanian bekerjasama dengan PT Polowijo. TTP menjadi tempat pembelajaran inovasi pertanian bagi kelompok tani dan praktisi pertanian lainnya. Disini terlihat antara lain ada budidaya mangga dengan varietas-varietas unggul, pengolahan hasil pertanian, dan ternak sapi (SN).