Malang, 10 Agustus 2018. Diseminasi informasi sumberdaya lahan pertanian terus ditingkatkan melalui berbagai media, antara lain media online berbasis webGis. Badan Litbang Pertanian melalui Balai Besar Penelitian dan Pengembangan Sumberdaya Lahan Pertanian (BBSDLP) bersama Tim Informasi Geospasial dan Analisis Sistem (IGAS) telah mengembangkan satu sistem informasi terpadu berbasis webgis dengan nama InaAgriMap.

Untuk terus melengkapi layanan informasi yang disajikan, Tim Pengembang InaAgrimap melakukan kunjungan diskusi dengan para peneliti Balai Penelitian Kacang-kacangan dan Umbi-umbian (Balitkabi), Jumat, 10 Agustus 2018 bertempat di kantor Balitkabi, Malang. Diskusi ini dimaksudkan untuk melengkapi data dan informasi terkait komoditas kacang-kacangan dan umbi-umbian serta mendapatkan masukan dari para peneliti dan pemulia yang ada di Balitkabi.

Dalam kesempatan diskusi tersebut Kepala Bidang Kerjsama dan Pendayagunaan Hasil Penelitian (KSPHP) BBSDLP, Yiyi Sulaeman menekankan bahwa sistem  yang dibangun adalah untuk menjawab kebutuhan masyarakat saat ini, khususnya berkaitan dengan sumberdaya lahan, komoditas dan budidayanya.

“Sistem informasi ini dapat digunakan untuk membantu mendukung eksekusi kebijakan. Yang diharapkan dari InaAgrimap, ketika kita meeting dengan DPR misalnya, kita bisa dapat menunjukkan langsung sistem ini secara online,” ujar  Yiyi.

Yiyi juga menegaskan teknologi dan inovasi yang disajikan dalam sistem ini adalah teknologi yang sudah terpilih, misalnya bila disajikan teknologi varietas, maka varietas yang ditampilkan harus sudah tersedia dan dimana dapat diperoleh.

InaAgrimap dibangun secara terkoordinasi antar UK/UPT lingkup Badan Litbang Pertanian. Sistem informasi ini dapat diakses pada alamat url http://inaagrimap.litbang.pertanian.go.id. Yiyi yang juga sebagai Penanggung Jawab Pengembang SI InaAgriMap menekankan perlunya diskusi seperti ini guna membangun komunikasi untuk menyempurnakan sistem yang sedang dibangun.

Diskusi berlangsung dalam suasana hangat dan intensif, menghasilkan beberapa masukan terhadap pengembangan SI InaAgriMap. Pihak manajemen Balitkabi serta para penelitinya sangat mendukung kegiatan pengembangan sistem InaAgrimap. Mereka mengungkapkan pentingnya system ini dan akan membantu diseminasi hasil-hasil penelitian yang telah dihasilkan oleh Balitkabi.

Peneliti ekofisiologi, Andy Wijanarko mengungkapkan banyak varietas kedelai maupun ubikayu yang dimiliki, namun untuk diseminasi pada sistem ini akan ditampilkan varietas-varietas unggul baru yang benar-benar saat ini diusahakan oleh petani. Sementara itu deskripsi varietas maupun teknik budidaya hendaknya dilengkapi foto-foto pendukung yang menarik.

Balitkabi akan membentuk Tim khusus untuk menyiapkan data dan informasi yang akan ditambahkan pada sistem informasi InaAgriMap.

Hadir pada acara tersebut Yiyi Sulaeman (Kabid KSPHP BBSDLP), Saefoel Bachri (Kasi Kerjasama Penelitian BBSDLP), Asissah (Teknisi BBSDLP), para peneliti Balitkabi yang terdiri dari Kuncoro (Kasi Jaslit Balitkabi), Andy Wijanarko (koordinator program/peneliti ekofisiologi), Kartika Noewijati (pemulia ubikayu), Novita Nugrahaeni (pemulia kedelai dan kacang tanah, Titik Sundari (pemulia kedelai/ubikayu), dan Abi (teknisi sistem informasi) (SB/YY, Agustus 2018)