Bangkep. 20/8/18. Kegiatan Luas Tambah Tanam (LTT) padi di Kabupaten Banggai Kepulauan (Bangkep) Provinsi Sulawesi semakin intensif. Produksi padi tidak hanya fokus pada lahan sawah namun juga pada lahan kering dengan penanaman padi gogo. Itu juga dilaksanakan di beberapa kecamatan di Bangkep.

Saat ini, Dinas Pertanian Bangkep mendorong para petani setempat untuk bertanam padi gogo. Tanam padi gogo, telah ditanam di Kecamatan Boko Selatan, Bangkep. "Alhamdulillah, hari ini saja kami bisa menaman seluas 6 ha padi gogo bersama petani, babinsa dan perangkat desa dan perangkat kecamatan," ungkap Dian, Kepala Bidang Tanaman Pangan dan Hortikultura, Dinas Pertanian Kabupaten Banggai Kepulauan. "Luas tanam ini akan terus bertambah dengan penamanan di daerah lain. Atas nama petani kami mengucapkan terima kasih atas bantuan dan dukungan Kementerian Pertanian dan Dinas Pertanian Provinsi", imbuh Dian.

Lahan kering yang sesuai untuk padi gogo dan jagung serta kedelai cukup luas di Bangkep namun tidak seimbang dengan ketersediaan tenaga kerja. "Iya, kalau dilihat dari potensinya, lahan kering di Bangkep ini tergolong luas. Yang menjadi tantangan adalah aksesibilitas yang perlu terus ditingkatkan serta alat olah tanah dan alat tanam yang perlu dilengkapi. Aplikasi alsintan ini akan meningkatkan cakupan areal tanam", ungkap Dr. Yiyi Sulaeman, MSc sebagai penanggung jawab upsus pajala wilayah Banggai-Bangkep-Morowali-Morowali Utara, saat ditanya komentarnya terkait ketersediaan sumberdaya lahan di Bangkep.

Keperluan alat pipil jagung juga sangat krusial untuk perbaikan mutu panen. "Saat ini baru ada 3 alat mesin pemipil jagung. Ini tidak mencukupi. Kita ada 12 kecamatan, jika setiap kecamantan 3 saja, kita masih perlu 36 alat pemipil jagung, " kata Dian saat ditanya ketersedian alsintan.

Banggai Kepulauan merupakan Kabupaten hasil pemekaran dari Kabupaten Luwuk Banggai. Kabupaten induk ini telah dimekarkan menjadi Kab. Banggai, Kab. Banggai Kepulauan, dan Kab Banggai Laut. Wilayah Bangkep sendiri berupa kepulauan. Agustus ini, Bangkep menargetkan bisa tambah tanam padi seluas 247 ha.(na)