Bogor. 21/8/2018. Kunjungan Dekan Fakultas Pertanian, Universitas Palangkaraya, Ir. Cakra Birawa MP, dan Staf seniornya (Dr. Adi Jaya) tidak hanya mempererat jalinan silaturahmi dengan BBSDLP namun juga menjajagi kemungkinan kerjasama antara Universitas Pertanian dan BBSDLP. Tamu diterima sendiri oleh Kepala BBSDLP, Prof. Dr. Dedi Nursyamsi beserta staf.

Dekan Fakultas Pertanian, Ir. Cakra, memyampaikan ketertarikannya pada pelaksanaan riset lahan rawa di Kapuas oleh Balitbangtan BBSDLP. "Kami tertarik dengan penelitian rawa di Kapuas dan ingin mengetahui bagaimana kemungkinan kami bisa berkontribusi untuk kemajuan bersama." ungkapnya, seraya menambahkan ketertarikannya juga untuk kemungkinan kerja magang mahasiswanya dan riset bersama.

Dr. Adi Jaya, staf senior Fakultas Pertanian, menambahkan bahwa Tim Universitas Palangkaraya ditantang untuk mengembangkan teknologi guna mensinergikan kebijakan pemerintah tanpa bakar dengan kebiasaan olah lahan oleh petani. "Kebijakan penyiapan lahan tanpa bakar memerlukan dukungan teknologi. Kami tertarik untuk melakukan kajian bersama tentanh olah lahan tanpa bakar ini," tuturnya.

Prof. Dr. Dedi Nursyamsi menyambut baik gagasan ini. "Kami memandang kerjasama riset ini sangat penting karena masalah pertanian kita yang kompleks dan spesifik lokasi, selain juga beragam. Kami, BBSDLP, siap bekerjasama dengan semua pihak untuk kemajuan bersama," ungkapnya.

Selain Kepala BBSDLP, pertemuan itupun dihadiri oleh Kepala Bidang Program dan Evaluasi BBSDLP (Ir. Mas Teddy Sutriadi, MS), Kepala Bidang Kerjasama dan Pendayagunaan Hasil Penelitian (Dr. Yiyi Sulaeman, MSc), Kepala Balittanah dan Kepala Balitklimat yang masing-masinh diwakili oleh Dr. Setiari Marwanto dan Dr. Poppy Rejekiningrum, serta Kepala Seksi Kerjasama (Saefoel Bachri, SKom, MMSI).

Sebagai tindak lanjut, tim kecil dibentuk oleh kedua belah pihak untuk menyusun draft nota kesepahaman bersama untuk ditandatangani kedua pimpinan instansi pada acara Dies Natalis Faperta Universitas Palangkaraya.(yy).