Bogor, 07/09/2018. Kunjungan 12 Dosen dan 4 Mahasiswa Jurusan Ilmu Tanah Universitas “Bela Negara” Pembangunan Veteran Yogyakarta (UPN“v”YK) ke BBSDLP dalam rangka mempererat tali silaturahmi. Acara tersebut dibuka oleh Kepala Bidang Kerjasama dan Pendayagunaan Hasil Penelitian (Dr. Yiyi Sulaeman, MSc), dalam sambutannnya Dr. Yiyi menyampaikan ucapan selamat datang dan apresiasinya karena pertama kalinya BBDSLP kedatangan Dosen dalam jumlah yang lebih banyak dibandingkan mahasiswanya. Selain itu Dr. Yiyi menyampaikan kunjungan ini selaras dengan tujuan BBSDLP untuk merangkul unversitas di Indonesia bersama dalam membangun pertanian negeri.

Koordinator Prodi Ilmu Tanah, Dr. Ir. Susila Herlambang MP menyampaikan tujuan UPN”v”YK berkunjung ke BBSDLP adalah pengharapannya UPN”v”YK dapat berkejasama dengan BBSDLP. “UPN”v”YK bersedia menjadi perpanjangan tangan dari Penelitian yang dilakukan oleh Peneliti-peneliti yang ada di BBSDLP” ungkapnya, seraya menambahkan keinginan dalam akhir pertemuan ditandatanginya Perjanjian Kerja Sama (PKS) atau MoU antara UPN”v”YK dengan BBSDLP. Selain itu Dr. Sulisa memperkenalkan staff dosen Jurusan Ilmu Tanah yang terdiri dari  5 Doktor dan 7 Master yang ahli terkait dalam bidang pertanian.

Dalam pertemuan ini BBSDLP menyampaikan hasil-hasil penelitian yang disampaikan oleh Peneliti Senior. Berikut ini merupakan paparan dari peneliti senior Dr. Ir. Markus Anda MSc (Perkembangan Pemetaan Tanah Nasional Skala 1:50.000), Dr. Ir. Sukarman MS (Pemetaan kesesuian Lahan dan Paket RPL (Rekomendasi Pengelolaan Lahan)), Dr. Ir. Wahyunto MSc (Perkembangan Pemetaan lahan Gambut dan updating Lahan gambut Gambut), Dr. I. Wayan Suastika, M.Si (Teknologi  Pengelolaan Lahan berbasis Argoekologi), Ir. Kurmen Sudarman MP (Teknologi Panen Air dan Irigasi Hemat air berbasis DAS untuk Peningkatan IP dan Produksi Pangan), dan Saefoel Bachri Skom. MMSi.

Sebagai tindak lanjut, dalam penutupannya Dr. Yiyi menyampaikan UPN“v”YK dapat menggundang peneliti BBSDLP untuk membagi ilmu, BBSDLP pun terbuka menampung mahasiswa untuk magang, dan kedua belah pihak untuk menyusun draft nota kesepahaman bersama untuk ditandatangani kedua pimpinan instansi. (NM)