Tasikmalaya (25/9/2018). Bimtek Program #Bekerja dan Pengawalan Distribusi Ayam di Cikatomas, Tasikmalaya.

Bimtek Program #Bekerja dilaksanakan di aula Balai Desa Pakemitan, Kecamatan Cikatomas, dikuti 128 RTM dari desa Pakemitan. Bimtek selain dihadiri para calon penerima manfaat, juga hadir pendamping/pembimbing, petugas Puskeswan, PPL, perwakilan Camat Cikatomas dan aparat desa Pakemitan, Cayur, dan Cikumba. Topik utama Bimtek adalah sistem pemeliharaan ayam kampung yang disampaikan oleh Rusli dari Balai Penelitian Ternak.

Dalam paparannya Rusli menyampaikan info lengkap tentang ayam lokal unggul Balitbangtan (KUB-1) dan ayam Sensi-1 Agrinak, dari ciri-ciri fisik, pemeliharaan sampai dengan 4 minggu, pemberian vaksin, pemeliharaan 4-12 minggu, pemeliharaan 10-24 minggu, dan pemeliharaan ayam dewasa produktif. Diinfokan pula tentang ciri-ciri untuk membedakan kondisi ayam yang sehat dan sakit dan cara pencegahan agar yang dipelihara tidak terkena penyakit.

Peserta Bimtek terlihat antusias mengikuti Bimtek. Untuk mengetahui pemahaman peserta, Pak Apep Saifurahman dari Puskeswan Cikatomas mentest peserta dengan memberikan beberapa pertanyaan tentang cara pemeliharaan dan kandang, yang dapat dijawab peserta dengan baik. Bagi peserta yang masih belum mengerti betul, tidak perlu khawatir karena bimbingan teknis akan diberikan tidak hanya saat pertemuan. Tenaga pendamping, PPL, dan dari Puskeswan siap sedia memberikan bimbingan.

Peserta seolah-olah tak sabar untuk segera memperoleh bantuan ayam tersebut dan memelihara serta mengembangkannya. Nurjayanti, mewakili Pj Program #Bekerja Kabupaten Tasikmalaya/Kepala Balai Besar Litbang Sumberdaya Lahan Pertanian ketika menanyakan kesiapan peserta dijawab dengan penuh semangat bahwa mereka sangat siap dan yakin akan bisa memelihara dan mengembangkan ayam-ayam bantuan dari Kementan tersebut. Pak Umar, seorang buruh tani yang telah berusia 80 tahun tak mau ketinggalan, bahkan terlihat rajin mencatat dan memperhatikan dengan seksama setiap penjelasan dari narasumber. “Saya sangat siap dan bersyukur dengan bantuan ayam ini dan nanti memelihara ayamnya akan dibantu anak saya” jelasnya ketika ditanya tentang kesiapannya.

Kegiatan Bimtek ditindaklanjuti dengan distribusi ayam pada esok hari, 26 September 2018. Bantuan ayam akan diserahkan untuk RTM di desa Pakemitan, Cayur, dan Cilumba, kecamatan Cikatomas, Tasikmalaya (Nj/Smn).