BBSDLP, Medan. 27/9/2018. Karya riset BBSDLP kembali dikenal di civitas akademika Universitas Sumatera Utara. Itu dicapai setelah acara kuliah umum SISULTAN didepan para mahasiswa dan dosesn Fakultas Pertanian USU. Dr. Yiyi Sulaeman, sebagai pemateri BBSDLP memaparkam tentang SISULTAN. Kegiatan ini dilaksanakan oleh Program Doktor Ilmu Pertanian, Program Pascasarjana Universitas Sumatera Utara.

Ketua Program Studi, Prof. Ir. Edison Purba, PhD, dalam sambutannya menyampaikan terima kasih atas kehadiran pemateri dan memyampaikan rasa gembira karena tema kuliah umum ini yang sangat baru di lingkungan kampus. Kuliah umum ini akan memberikan wawasan baru dalam pengembangan sistem dan juga perencanaan dan pengelolaan sumberdaya lahan pertanian.

Dalam paparannya, Dr. Yiyi Sulaeman yang juga Kepala Bidang KSPHP BBSDLP, membagi materi yang meliputi arti penting sistem informasi. Sistem informasi disusun oleh 4 komponen utama dan merupakan bagian dari sistem riset. Aplikasi sistem informasi berupaya mempercepat waktu, mengelola data dan mengantarkan informasi kepada masyarakat. "SISULTAN ini adalah sistem informasi yang mengantarkan informasi ke masyarakat sehingga masyarakat dapat dengan cepat dan mudah mengetahui tanah dan lahannya", kata Yiyi.

Setelah membahas arti penting sistem informasi, Yiyi memaparkan tentang perkembangan pemetaan tanah nasional berupa cakupan wilayah dan detil informasinya, pemaketan informasi peta, pengelolaan data peta hingga penurunan peta-peta baru dari peta tanah yang ada.

Pembahasan SISULTAN adalah materi utama dimana para peserta diajak untuk membuka aplikasi dan eksplorasi data yang ada di dalamnya. "Para pengguna boleh menampilkan peta-peta dalam aplikasi dengan menggunakan fasilitas servis yang tersedia di menu utama. Silahkan coba dan manfaatkan oleh Bapak dan Ibu," ungkap Yiyi.

Dipandu oleh Prof. Tengku Sabrina, sebagai moderator, acara diskusi cukup menarik. Pertanyaan yang dilontarkan mengapresiasi dan menyambut gembira aplikasi SISULTAN ini. Pertanyaan teknis pun bermunculan dan semuanya dan didiskusikan secara lebih baik dan ilmiah.

SISULTAN adalah kependekan dari Sistem Informasi Sumberdaya Lahan Pertanian. Ini adalah aplikasi webGIS yang dikembangkan oleh BBSDLP untuk memudahkan pencarian informasi peta-peta tanah nasional. (AM)