Gorontalo, 6 November 2018. Badan Litbang Pertanian melalui Balai Besar Litbang Sumberdaya Lahan Pertanian (BBSDLP) telah menyelesaikan pemetaan tanah semidetail di seluruh kabupaten/kota di Provinsi Gorontalo, termasuk peta-peta tematik turunannya. Oleh karena itu, perlu dilakukan bimbingan teknis dan penyerahan peta-peta tersebut kepada pemerintah daerah termasuk ke 6 kabupaten/kota se-Provinsi Gorontalo untuk mendukung pembangunan pertanian di daerah tersebut.

Dr. Muljady D. Mario selaku Kepala Dinas Pertanian Provinsi Gorontalo mengatakan, “Peta dengan skala 1:50.000 ini sangat akuntabel untuk digunakan dalam perencanaan”. Kegiatan bimbingan teknis ini  dilaksanakan di Ruang Aula Dinas Pertanian Provinsi Gorontalo dengan peserta  berasal dari Dinas Pertanian kabupaten kota se Provinsi Gorontalo, serta BPTP Gorontalo.

Data sumberdaya lahan langsung diserahkan kepada perwakilan masing-masing Dinas Pertanian Daerah Provinsi Gorontalo, yakni berupa peta tanah, peta kesesuaian lahan, peta rekomendasi pengelolaan lahan  skala 1:50.000 untuk 6 kabupaten/kota di Provinsi Gorontalo.

"Dengan adanya peta ini maka mulai saat ini kita dapat melakukan perencanaan dengan lebih terukur dan dengan dasar yang jelas," demikian disampaikan oleh Kepala Dinas.

Agar informasi dari peta yang diserahkan dapat dipahami dengan baik, para peserta mendapatkan pelatihan cara membaca peta tanah, peta kesesuaian lahan, dan paket rekomendasi pengelolaan lahan yang disampaikan oleh peneliti BBSDLP yang hadir yaitu Dr. Erna Suryani dan Ir. Anny Mulyani, MS.

Selain itu, para peserta mendapatkan informasi terkait Inovasi Pembangunan Embung dan Implementasinya untuk Pertanian yg disampaikan oleh peneliti Balitklimat, Dr. Nono Sutrisno, dan juga pemaparan terkait sistem informasi yang dikembangkan oleh BBSDLP yang disampaikan oleh Hanifah Nurul ‘Arsy, SP. (HNA)