Kementerian Pertanian melalui Direktorat Pupuk dan Pestida, Dirjen Sarana dan Prasarana menyelenggarakan Rapat Konsolidasi UPSUS Pajale (Upaya Khusus Padi Jagung Kedelai) dengan seluruh Kepala Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura (THP) seluruh kota/kabupaten di Provinsi Sulawesi Tengah (Sulteng) pada tanggal 3 Juli 2019 di Palu.

Pertemuan dihadiri 120 peserta dari seluruh kota/kabupaten yang berada di wilayah Sulteng.

Acara dibuka oleh Kepala Dinas (Kadis) Tanaman Pangan dan Hortikultura Provinsi Sulteng, Ir. Trie Iriany Lamakapali, MM. Dalam sambutannya Kadis menyampaikan laporan pelaksanaan dan evaluasi UPSUS pajala di Sulteng MT 2018-2019, dan menekankan pentingnya percepatan Luas Tambah Tanam (LTT).

Selanjutnya penanggung jawab UPSUS Pajale Sulteng sekaligus sebagai Direktur Pupuk dan Pestisida, Dr. Muhrizal Sarwani, M.Sc, menyatakan bahwa setiap koordinator masing-masing wilayah wajib untuk mencapai target luas tambah tanam. Untuk itu, masing-masing kabupaten menandatangani nota kesepakatan pencapaian target luas lahan yang disaksikan langsung oleh kepala Dinas TPH Provinsi Sulteng dan Kepala BPTP Sulteng.

Sementara itu Korwil/Penjab UPSUS, Dr. Yiyi Sulaeman, SP, M.Sc yang juga sebagai Kepala Bidang KSPHP, Balai Besar Litbang Sumberdaya Lahan Pertanian menyampaikan capaian LTT UPSUS pajale MT ASEP 2019.

Beliau juga menyampaikan informasi mengenai pelayanan peta sumberdaya lahan berbasis android yang diberi nama I-PETA-SDL. "Aplikasi ini akan memudahkan para pengguna memperoleh informasi peta tanah dan peta turunannya. I-PETA-SDL dapat diunduh secara mudah dan gratis melalui play store", demikian pungkas Yiyi.