Bogor, 20 Juli 2019. Provinsi Kalimatan Tengah saat ini sedang dikaji secara khusus untuk keperluan pengembangan kawasan dengan tajuk "Peningkatan Kesejahteraan Rakyat Melalui Pengembangan Kawasan Perkebunan dan Hortikultura Berbasis Korporasi di Kalimantan Tengah"

Karenanya pada 20 Juli 2019 yang lalu tim Balai Besar Litbang Sumberdaya Lahan (BBSDLP) dan Direktorat Jenderal Perkebunan (Ditjenbun) menyiapkan Peta Potensi Sumberdaya Lahan Provinsi Kalimantan Tengah meliputi potensi komoditas tanaman pangan, perkebunan, hortikultura, dan integrasi ternak sawit.

Dalam arahannya Ditjenbun (Dr. Kasdi Subagyono) meminta Tim BBSDLP Potensi sejumlah komoditas tanaman pangan, perkebunan, dan hortikultura yang disiapkan sebagai informasi dasar untuk mendukung penyiapakan Kalimantan Tengah sebagai calon Ibu Kota Negara. Informasi sumberdaya lahan di atas  dapat digunakan untuk menopang kebutuhan pangan dan sejumlah komoditas strategis bila kelak Kalimantan Tengah menjadi Ibu Kota. Lahan-lahan yang dikaji adalah lahan-lahan dengan klasifikasi tanah mineral dengan kelerengan < 25%.

Dalam kesempatan tersebut Kepala Balai Besar Litbang Sumber Daya Lahan Pertanian, Dr. Husnain mengatakan BBSDLP sangat strategis dalam penyiapan informasi semacam ini, namun demikian akan sangat baik bila informasi yang diminta dapat disediakan lebih cepat.

Menurut Husnain, ke depan BBSDLP diharapkan memiliki showroom yang menyediakan informasi lengkap informasi SDL secara digital, terutama dalam bentuk geospasial. (SB)