BBSDLP, Bogor (20/08/2019). Kepala Bidang Kerjasama dan Pendayagunaan Hasil Penelitian mewakili Kepala BBSDLP, Dr. Yiyi Sulaeman menerima kunjungan dari Delegasi The University of Melbourne, Australia yang dipimpin oleh Prof. Deli Chen.

Prof. Deli Chen dan 3 orang timnya mengunjungi BBSDLP guna membahas tentang masalah perubahan penggunaan lahan dalam kaitannya dengan emisi dan keperluan pengembangan teknologi yang dapat menurunkan dan mencegah emisi.

"Kami merasa senang dan menyambut baik atas kedatangan Prof. Chen dan tim. Kami yakin pertemuan ini adalah langkah awal untuk mengembangkan riset dan pengembangan terkait sumberdaya lahan pertanian ke depan," ungkap Yiyi.

Disela-sela diskusi tentang permasalahan perubahan penggunaan lahan, dibahas juga mengenai pengelolaan lahan gambut dan lahan rawa.

"Saya tahu bahwa teman-teman Internasional sangat konsen dalam pengembangan lahan basah, termasuk lahan gambut. Pemerintah Indonesia juga dalam pemikirian yang sama, bahkan kami Kementerian Pertanian sedang mengimplementasikan program #SERASi (Selamatkan Rawa, Sejahterakan Petani). Dalam kegiatan tersebut kita mengoptimalkan pemanfaatan lahan rawa yang telah dibuka sebelumnya," tambah Yiyi yang didampingi oleh Kasi Kerjasama, Pak Saefoel Bachri dan Peneliti, Dr. Edi Yatno.

Diskusi berjalan cukup baik dan banyak informasi-informasi baru yang tim delegasi terima. Kedua belah pihak bersepakat untuk fokus mengembangkan lahan rawa terlantar yang saat ini tidak dikelola atau dikelola minimalis oleh para petani dan merubahnya dengan inovasi teknologi  dan capacity building menjadi lahan produktif dan menghasilkan dan pada saat yang bersamaan dapat meningkatkan penambatan karbon dan menekan emisi. (yy)