Bogor, 20 September 2019. Koordinasi Bidang Program dan Evaluasi yang dilaksanakan pada tanggal 16 - 18 September 2019 di Mess KP BB Biogen, Pacet, bertujuan untuk mempertajam perencanaan kinerja BBSDLP untuk masa RPJMN 2020-2024. Selain itu, kegiatan ini juga untuk menyiapkan bahan-bahan terkait pemeriksaan maturitas SPI yang akan dilaksanakan pada Bulan November mendatang. Kegiatan ini diikuti oleh pejabat beserta operator perencanaan lingkup BBSDLP, serta narasumber dari Bagian Perencanaan, Badan Litbang Pertanian. Bagian Perencanaan Badan Litbang Pertanian yang diwakili oleh Kepala Sub Bagian Program dan Anggaran dan Kepala Sub Bagian Evaluasi dan Pelaporan menjadi narasumber dalam kegiatan ini.

Kepala Sub Bagian Program dan Anggaran, Laila Kadar, SE., M.Si memaparkan terkait Rancangan Sasaran Program dan Indikator Kinerja Sasaran Program Balitbangtan 2020-2024. Terdapat 3 indikator yang merupakan target Badan Litbang Pertanian dalam RPJMN 2020-2024, yaitu 1) Jumlah varietas unggul tanaman dan hewan untuk pangan yang dilepas, 2) Tingkat adopsi teknologi pertanian oleh petani, dan 3) Sumberdaya genetika tanaman dan hewan sumber pangan yang terlindungi/tersedia. Indikator kedua, yaitu tingkat adopsi teknologi pertanian oleh petani, merupakan indikator yang masih perlu dilakukan tindaklanjut trilateral meeting antara Litbang, BBPSDMP, dan Bappenas untuk memutuskan manual IKU dan pengertian “petani” dalam indikator tersebut.

Sedangkan Kepala Sub Bagian Evaluasi dan Pelaporan, Aulia, STP., MM memaparkan terkait Persiapan Penilaian Maturitas SPI Lingkup Balitbangtan. Dasar hukum SPI adalah PP 60/2008 tentang SPIP, Permentan 23/2009 tentang Pedoman Umum SPI di Lingkungan Deptan, Perka BPKP No. 4/2016 tentang Pedoman Penilaian Strategi Peningkatan Maturitas SPIP, dan Pedoman Pelaksanaan SPI badan Litbang Pertanian 2013. Fokus penilaian maturitas SPIP merupakan variable yang digunakan untuk menunjukkan tingkat maturitas penyelenggaraan SPIP. Variable tersebut merupakan sub-sub unsur SPIP di dalam PP Nomor 60 Tahun 2008. Unsur penilaian SPI berdasarkan Perka BPK No. 4/2016 adalah lingkungan pengendalian, penilaian risiko, kegiatan pengendalian, informasi dan komunikasi, dan pemantauan. Level maturitas SPIP Kementerian Pertanian tahun 2018 adalah level 3 (3,037) terdefinisi. Tim counterpart Balitbangtan dari BBSDLP adalah Kasie Evaluasi dan Pelaporan, Sulaeman, SP., M.Si. Responden dari SPI adalah dari struktural (seluruh struktural UK (Es. 2) Lingkup Balitbangtan) dan non struktural (fungsional dan staf senior).

Dengan dilaksanakannya koordinasi program dan evaluasi lingkup BBSDLP diharapkan dapat mempertajam perencanaan kinerja dan anggaran tahun 2020 dan bahan-bahan untuk pemeriksaan maturitas SPI dapat tersusun dengan baik.