Jakarta, 2 Oktober 2019. Balitbangtan kembali mempromosikan teknologi unggulannya. Kali ini di acara Festival Iklim 2019 yang merupakan kegiatan yang diselenggarakan oleh Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan. Acara ini memamerkan produk unggulan inovasi , produk ramah lingkungan dan pengendali perubahan iklim.

Acara dibuka oleh Menteri  Lingkungan Hidup dan Kehutanan Dr. Ir. Siti Nurbaya Bakar, M.Sc di Auditorium Manggala Wanabhakti, kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, dan diikuti  oleh 700 peserta, baik dari lembaga baik kementerian maupun non kementerian, pemerintah daerah, swasta, generasi muda milenial, perguruan tinggi, maupun sekolah.

Dalam sambutannya, Siti mengatakan bahwa kegiatan festifal Iklim bertema “ Emisi Menurun, Indonesia Berketahanan Iklim” ini merupakan  puncak dari kegiatan Kampanya Perubahan Iklim 2019

 "Melalui kegiatan Kampanye Perubahan Iklim ini,diharapkan untuk memperkuat pengendalian perubahan iklim melalui sektor pertanian, kelautan dan kehutanan" ungkapnya disela-sela sambutannya."

Pameran ini berlangsung selama 3 hari, yakni  2-4 Oktober 2019. Kementerian Pertanian turut serta dalam acara ini yang diwakili oleh BBSDLP dan Balitklimat (Balitbangtan), dan Direktorat Jenderal Hortikultura. BBSDLP sendiri menampilkan AWS (Stasiun Cuaca Otomatis),  Prediksi Curah Hujan, Kalendes Tanam, I-PETA SDL, Teknologi Pengolahan Lahan Kering, lahan Gambut Indonesia, Surjan, dan beberapa publikasi hasil-hasil penelitian.

Pengunjung begitu antusias mengunjungi dan sangat tertarik dengan produk-produk yang dipamerkan di stand Kementerian Pertanian. terutama terhadap produk publikasi hasil penelitian, menurut mereka, buku-buku tersebut sangat bermanfaat dan langka untuk diperoleh. Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan juga berkenan mengunjungi stand Kementerian Pertanian untuk bertanya tentang publikasi hasil penelitian tentang “ Lahan Gambut Indonesia”. 

Stand ini dibuka untuk masyarakat yang ingin berkunjung hingga pukul 16.00 WIB setiap harinya selama acara berlangsung, juga ada berbagai atraksi hiburan dan doorprice dikemas untuk menghibur pengunjung.(LQ)