Kementerian Pertanian melalui Badan Litbang Pertanian kembali melaksanakan kegiatan bimbingan teknis (Bimtek) untuk mendukung program Selamatkan Rawa Sejahterakan Petani atau disingkat #SERASI di Desa Purwa Agung, Kecamatan Lalan, Kabupten Musi Banyuasin, Sabtu (26/10/2019).

Bimtek dihadiri 32 petani dari 3 Kelompok tani (Purwa Jaya A, Purwa Jaya B, dan Sri Jaya A) Desa Purwa Agung yang mendapat materi tentang budidaya padi di lahan rawa pasang surut dan penggunaan alat tanam benih langsung “AMATOR”.

Kepala BPTP Sumsel, Dr. Atekan, SP, M.Si menyampaikan bahwa bimtek merupakan salah satu sarana untuk menyampaikan berbagai teknologi Balitbangtan terkait budidaya padi di lahan rawa.

"Program #SERASI merupakan program unggulan Kementan yang difokuskan di lahan rawa. Provinsi Sumsel memiliki lahan rawa paling luas sehingga dijadikan barometer program #SERASI. Di Kecamatan Lalan, BPTP Sumsel memiliki demfarm seluas 50 ha. Melalui bimtek ini, diharapkan para petani dapat menerapkan teknologi dengan baik sesuai SOP sehingga hasil yang diperoleh akan maksimal,” ungkap Atekan dalam sambutannya.

Penanggungjawab kegiatan pendampingan #SERASI BPTP Sumsel, Budi Raharjo, S.T.P, M.Si melaporkan perkembangan program #SERASI di denfarm Lalan.

"Persiapan lahan berupa perbaikan dan rehabilitasi jaringan tata air di desa ini sudah 100% selesai dan siap untuk ditanami. Tujuan dilaksanakannya bimtek ini untuk meningkatkan pengetahuan petani yang terlibat langsung pada kegiatan Demfarm padi Program #Serasi terutama mengenai teknologi budidaya padi di lahan pasang surut “RAISA” dan teknologi alat tanam benih langsung “AMATOR," ungkap Budi dalam laporannya.

Materi yang disampaikan dalam bimtek terdiri atas Teknologi Budidaya Padi di Lahan Rawa Pasang Surut "RAISA" yang disampaikan oleh Nurwulan Agustina, SP, M. Agr (BB Padi), Pengelolaan Kesuburan Tanah Rawa oleh Dr. I Wayan Suastika (Balittanah), dan Pengenalan dan Pengoperasian "AMATOR" oleh Budi Raharjo, S.T.P, M.Si (BPTP Sumsel). Ketiga materi tersebut merupakan kunci sukses dalam budidaya padi.

Petani sangat antusias mengikuti bimtek dan aktif dalam diskusi ketika pemberian materi berlangsung.