Kementerian Pertanian (Kementan) kembali menggelar Peringatan Hari Pangan Sedunia (HPS) yang merupakan salah satu agenda tahunan Kementan.
Peringatan HPS XXXIX ini diselenggarakan di Kendari pada tanggal 2-5 November 2019, dengan Tema: "Teknologi Industri Pertanian dan Pangan menuju Indonesia Lumbung Pangan Dunia 2045”.
Kegiatan HPS diselenggarakan di dua lokasi yaitu di Kecamatan Angata, Kabupaten Konawe Selatan berupa gelar inovasi tekonologi pertanian dan di Lapangan MTQ Kota Kendari berupa pameran inovasi teknologi pertanian.

Menteri Pertanian, Syahrul Yasin Limpo, saat pembukaan HPS menegaskan bahwa Presiden Jokowi sangat memberikan perhatian khusus terhadap pembangunan sektor pertanian dan berharap sektor pertanian mampu menyediakan pangan secara nasional dan bahkan dunia. Semangat Peringatan Hari Pangan Sedunia (HPS) 2019 harus menjadi konsolidasi emosional semua pihak bahwa masalah pertanian adalah masalah kita bersama.

 Pameran berlangsung meriah, diikuti oleh Kementerian Pertanian dan Seluruh Pemerintah Daerah Provinsi/Kabupaten dan Kota seluruh Indonesia.