Bogor, Balai Besar Litbang Sumberdaya Lahan Pertanian (BBSDLP), mengadakan berbagai kegiatan untuk merayakan World Soil Day (WSD) atau Hari Tanah  Dunia. Acara WSD dibuka Oleh Kepala Bidang Kerja Sama Dan Pendayagunaan Hasil Penelitian (KSPHP),Dr. Yiyi Sulaeman Msc.
Kegiatan ini diikuti oleh Peserta dari universitas dan perguruan tinggi, umum, dinas, dan pelajar.
WSD dilaksanakan tanggal 3-5 Desember 2019. Ada berbagai lomba menarik, bimbingan teknis, seminar, Internasional Judging Contest
(SJC), talk show, serta launching produk BBSDLP, antara lain peta lahan gambut.

Materi bimbingan teknis yang diterima antara lain hidroponik tenaga surya, cara membaca peta,sistem aplikasi PKDSS, sistem aplikasi SPKL, sistem aplikasi SI SULTAN,dan sistem aplikasi LOKA PETA.

Internasional Soil Judging Contest diikuti oleh mahasiswa dari berbagai perguruan tinggi/universitas, baik dari dalam maupun luar negeri. Peserta antusias,, “ walau kami belum menang, namun ini merupakan pengalaman yang menarik, dan kami juga mendapakatkan banyak ilmu dari acara ini” kata jasmin, salah satu peserta lomba.

Dengan peringatan hari tanah dunia ini, diharapkan kita akan tetap menjaga kesuburan tanah, karena tanah adalah faktor inti dari kehidupan manusia (LQ).