Blitar, 22 Januari 2020.Tim Peneliti BBSDLP, Dr. Edi Husen, Dr. Budi Kartiwa, dan Dra. Selly Salma, M.Si mengunjungi Pabrik Gula PT. Rejoso Manis Indo (PG RMI) di Blitar pada tanggal 20-22 Januari 2020. Kegiatan kunjungan ini dalam rangka penjajakan kerjasama pengelolaan limbah blotong (dari hasil proses pembuatan gula) dan pengelolaan sumberdaya air.

Permasalahan yang dihadapi PG RMI adalah limbah blotong yang melimpah dan beraroma tidak sedap bila menumpuk serta permasalahan kekurangan air untuk budidaya tebu. PT RMI sangat mengharapkan penerapan teknologi tepat guna yang dihasilkan oleh BBSDLP untuk pemanfaatan limbah blotong menjadi pupuk organik dan teknologi pencarian sumber daya air serta pemanfaatan airnya secara lebih efisien.

“Kami sangat berharap ada teknologi yang dihasilkan oleh BBSDLP yang dapat kami terapkan dalam pemanfaatan limbah blotong menjadi pupuk organik dan pencarian sumberdaya air”, ungkap pengelola PG RMI.

Rencana kerjasama ini juga didukung oleh Pemerintah Daerah Blitar yang ikut hadir bersama rombongan dalam acara diskusi di Kantor PG RMI, antara lain Kepala Dinas PMD, Dirut BUMD, Dosen Teknologi Pertanian Universitas Brawijaya, Ketua Paguyuban Petani Tebu, Lurah setempat, dan pengelola PG RMI.

Semoga kerjasama ini dapat segera terwujud sehingga teknologi yang dihasilkan dapat dimanfaatkan secara cepat dan tepat.