Pelatihan ini dilaksanakan bekerjasama dengan Dinas Kebakaran Wilayah Bogor dan diikuti oleh Karyawan, Outsourcing, Petugas Keamanan, OB, dan para siswa-siswa SMA/SMK serta mahasiswa yang magang di BBSDLP, Jumat (07/02/2020)

Tujuan dari Pelatihan ini adalah memberikan pemahaman mengenai penyebab terjadinya kebakaran. Materi penanggulangan kebakaran ini dipaparkan oleh Komandan Sektor Pemadam Kebakaran Kota Bogor, Ayup Sukmana. Dalam pelatihan ini, peserta  diberikan pengetahuan dasar tentang upaya pencegahan kebakaran dan memberikan pelatihan dalam mengoperasikan Alat Pemadam Api Ringan, Hydrant dan lain-lain mempraktekkan cara-cara  mencegah kebakaran, serta menanggulangi kebakaran agar tidak menyebar/ menjalar menjadi besar.

“Apabila sudah tercium bau gas, jangan hidupkan kompor dan menghidupkan/mematikan listrik agar tidak timbul percikan api yang akan memicu kebakaran. Buka semua ventilasi, serta gunakan peralatan listrik yang standar” ujar ayup. Menurutnya, kebanyakan kasus kebakaran yang terjadi, dikarenak pemakaian peralatan listrik yang sudah tidak bagus, sehingga membuat listrik tidak stabil an menyebabkan konsleting listrik. Selama 2020 ini sudah ada 2 kasus kebakaran, dan 1 orang korban jiwa, dimana korban tersebut mengalami luka baka sekita 80 persen.