Banyuasin, 20 Februari 2020, petani Desa Sumber Hidup, Kecamatan, Muara Telang, Kabupaten Banyuasin lakukan panen raya yang merupakan panen perdana di tahun 2020. Panen raya diawali secara simbolis oleh Kepala Balai Besar Litbang Sumberdaya Lahan Pertanian yang diwakili oleh Kepala Balai Penelitian Pertanian Lahan Rawa Rawa, Kepala BPTP Sumatera Selatan, Kepala Dinas Tanaman Pangan Hortikultura Provinsi Sumatera Selatan, Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Peternakan Provinsi Sumatera Selatan, Kepala BPS Provinsi Sumatera Selatan, Kepala Dinas Pertanian Tanaman Pangan dan Hortikultura Kabupaten Banyuasin, Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Peternakan Kabupaten Banyuasin, dan Dekan Fakultas Pertanian Universitas Sriwijaya.

Areal Demfarm di Kecamatan Muara Telang seluas 100 ha mengimplementasikan seluruh paket teknologi terpadu hasil Balitbangtan, terutama terkait dengan teknologi pengelolaan lahan dan air serta budidaya padi yang dikemas dalam Teknologi Panca Kelola Lahan Rawa dalam paket Teknologi Raisa, yang diintegrasikan dengan budidaya hortikultura, budidaya itik, dan budidaya ikan, aplikasi alat dan mesin pra dan pasca panen, serta sistem kelembagaan

Kegiatan panen raya diikuti sekitar 250 orang yang terdiri atas berbagai kelompok tani di Kecamatan Telang Rejo. Mereka sangat senang, dikarenakan sejak Kementerian Pertanian mengenalkan kegiatan optimalisasi lahan rawa, hasil panen menjadi meningkat drastis. Apabila sebelumnya per hektar hanya bisa menghasilkan 4-5 ton, kini lahan mereka bisa menghasilkan 7-8 ton per hektarnya.

“Sejak Litbang Pertanian mengenalkan teknologi dan melakukan pembinaan, kami jadi lebih paham tentang bagaimana cara mengelola lahan, takaran pemupukan, serta mengendalikan hama, sehingga produksi meningkat” kata Karyono, salah satu petani dari Desa Sumber Hidup.

Badan Litbang Pertanian Kementerian Pertanian, sejak 2019 melaksanakan program strategis Optimalisasi Lahan Rawa untuk pertanian. Program ini merupakan terobosan untuk mengatasi penyusutan lahan baku sawah di satu sisi, dan peningkatan kebutuhan pangan di sisi lain. Sasaran utama pengembangan Demfarm Optimalisasi Lahan Rawa mendukung ketahanan pangan adalah untuk percepatan dan efektivitas adopsi teknologi oleh petani dalam upaya meningkatkan produksi pertanian dan kesejahteraan petani di lahan rawa salah satunya melalui peningkatan produktivitas dan intensitas.