Bertempat di Novotel Palembang (27-28 Februari 2020) dilaksanakan Rapat Penetapan Target dan Percepatan Kegiatan Tanaman Pangan Provinsi Sumatera Selatan TA 2020 yang dihadiri oleh Irjend Kementan, Direktur KUR dan Pembiayaan Kementan, Kepala BBSDLP, Kepala BB Mektan, Kepala Dinas Pertanian se-Sumatera Selatan, perwakilan BNI dan BRI serta tim pendamping untuk masing-masing kabupaten beserta perwakilan ujung tombak pertanian yaitu para penyuluh perwakilan dari seluruh kabupaten di Sumatera Selatan.

Acara dibuka secara resmi oleh Inspektorat Jendral Kementan, Justan Ridwan Siahaan. Dalam sambutannya beliau menyampaikan kita harus memiliki perencanaan yang jelas, mendengarkan suara stakeholder, dan menunjukkan bukti keberhasilan agar target dapat tercapai. "Konstratani adalah suatu cross functional yang melibatkan berbagai pihak" ujar Justan.

Kepala BBSDLP, Dr. Husnain selaku pendamping untuk Kabupaten OKU Timur dan OKU Selatan menyatakan bahwa BBSDLP siap untuk mendampingi dan mengawal kegiatan Konstratani ini sehingga target pencapaian peningkatan produksi dapat tercapai. "Tentunya dalam pelaksanaannya, BBSDLP sebagai lembaga penelitian di bawah Badan Litbang Kementan juga akan melakukan transfer teknologi yang bermanfaat bagi petani" ujar Husnain.

Pada kegiatan ini juga disampaikan terkait program KUR yang disampaikan oleh BUMN perbankan, BNI dan BRI.

Acara ini diikuti dengan penuh antusias oleh para peserta dan banyak informasi yang bermanfaat dapat diperoleh para penyuluh (AFS)