Kebijakan Strategi

Kebijakan stategis Balai Besar Penelitian dan Pengembangan Sumberdaya Lahan Pertanian (BBSDLP) disajikan dalam Buku Rencana Strategis (Renstra) Balai Besar Penelitian dan Pengembangan Sumberdaya Lahan Pertanian (BBSDLP) 2015-2019.  Renstra ini merupakan lanjutan dari Renstra BBSDLP tahun 2010-2014, yang disesuaikan dengan dinamika lingkungan strategis global maupun nasional, terutama dalam aspek sumberdaya lahan pertanian. Renstra ini disusun dalam rangka memenuhi perintah INPRES Nomor 7 Tahun 1999 tentang kewajiban bagi setiap K/L untuk menyusun Renstra dan Laporan Akuntabilitas Kinerja Institusi Pemerintah (LAKIP).

Penyusunan Renstra BBSDLP 2015-2019 mengacu dan berpedoman pada Renstra Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN), Rancangan Renstra Kementerian Pertanian, dan Reformasi Perencanaan dan Penganggaran yang telah dijabarkan pada Renstra Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian (Badan Litbang Pertanian). Secara operasional, Renstra ini menjadi acuan dalam penyusunan Renstra unit pelaksana teknis (UPT) lingkup BBSDLP yang dalam penjabarannya disesuaikan dengan dinamika lingkungan strategis pembangunan nasional dan respon stakeholders.

Harapannya, Renstra ini menjadikan BBSDLP sebagai lembaga penelitian dan pengembangan pertanian berkelas dunia yang menghasilkan pengetahuan/informasi dan inovasi teknologi dalam upaya pemanfaatan dan pengelolaan sumberdaya lahan pertanian secara berkelanjutan guna mendukung ketahanan pangan dan diversifikasi pangan, peningkatan nilai tambah, daya saing, ekspor, dan kesejahteraan petani. Renstra ini juga diharapkan menjadi bagian dari skenario pembelajaran jangka panjang dan sekaligus sebagai acuan rencana kerja tahunan BBSDLP dan semua Balit di bawah koordinasinya.

Download: Renstra BBSDLP 2015 - 2019